KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Hal yang Perlu diperhatikan Saat Memilih Power Rakitan untuk Konser Lapangan

Hal yang Perlu diperhatikan Saat Memilih Power Rakitan untuk Konser Lapangan

Dalam penyelenggaraan suatu acara maka akan diperlukan adanya amplifier guna membuat audio bisa terdengar dengan jelas kepada seluruh audience yang hadir di acara tersebut. Apalagi jika acaranya akan diselenggarakan secara outdoor seperti di lapangan misalnya. Untuk acara-acara di luar ruangan maka akan memerlukan power yang besar.  Kebutuhan akan amplifier tersebut bisa membeli buit in, yang harganya bisa lebih mahal, dan spesifikasinya belum tentu sesuai dengan kebutuhannya dan keinginan outputnya, sehingga bisa juga merakit sendiri amplifier yang akan digunakan. Cara Merakit Power Amplifier Sendiri gampang-gampang susah. Perlu tahu juga mengenai tips memilih Power Rakitan untuk Konser Lapangan sebagai berikut.

Fungsi Power Amplifier

Power amplifier adalah rangkaian elektronika yang fungsinya untuk menguatkan sinyal audio, seperti speaker atau penguat suara yang lainnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Perhatikan beberapa hal sebagai berikut ketika hendak membeli peralatan power amplifier.

Berapa besar ukurannya, sesuaikan dengan penggunaan amplifier nya nantinya, yaitu bisa digunakan untuk di dalam ruangan atau untuk luar ruangan seperti di lapangan. Hal ini karena akan sangat berpengaruh pada harganya nantinya. Semakin besar powernya maka akan semakin tinggi harganya. Jika akan digunakan secara outdoor, di luar ruangan, seperti di lapangan misalnya, maka harus memiliki power amplifier yang mengunakan travo minimal sebesar 30 amper ke atas.

Sesuaikan dengan total daya speaker yang ada, juga susunannya.

Dalam pembelian stabilizer atau stavole maka usahakan agar lebih tinggi spesifikasi ukurannya jika dibandingkan dengan spesifikasi powernya. Sebagai contoh, untuk power sebesar 4000 watt maka sebaiknya pergunakan stabilizer yang mempu menyuplai daya hingga sebesar 5000 watt. Sehingga fungsi stabilizer sebagai penjaga stabilitas daya watt pada perangkat soundsistem bisa berjalan dengan baik. Mengingat viasanya arus listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) itu tidak pernah stabil. Usahakanlah agar daya stabilizer lebih besar dari daya perangkat power amplifier nya, agar daya watt yang keluar dari power bisa menjadi maksimal dan tidak ada hambatan arus listrik. Daya stabilizer nya haruslah lebih tinggi dari power dengan selisih minimal sekitar 1kv.

Pertimbangkan juga dengan penggunaannya, yaitu jika akan sering disewakan, maka tak akan bisa terlalu besar, karena akan sulit dalam penggunaannya nanti di berbagai tempat sewa nya.

Perhatikan keaslian merk nya. Di pasaran terdapat banyak merk power yang beredar dengan penawaran harganya yang bervariasi, bahkan ada yang bisa mencapai harga ratusan juta Rupiah. Namun belum tentu semakin mahal harganya akan semakin bagus kualitasnya. Kondisi komponen lainnya juga akan mempengaruhi kulitas hasil akhir rakitannya nantinya. Pada beberapa merk yang populer sering mengalami pemalsuan, sehingga perlu waspada pada saat membelinya, agar tidak salah beli.

Tempat membelinya. Usahakan untuk membeli di tempat jual yang dapat dipercaya. Hal ini guna mendapatkan aneka komponen amplifier yang terjaga kualitasnya dan juga keasliannya, serta guna mendapatkan harga yang terbaiknya. Tidak terlalu mahal.

Ketahui juga jenisnya yang tepat. Disarankan agar memilih produk yang preamplifier dan power amplifier nya terpisah, bukan yang integrated agar mudah diatur kombinasinya saat digunakan.

Perhatikan beberapa hal tersebut saat akan merakit amplifier sendiri.

Tag: Power Rakitan untuk Konser Lapangan, kekuatan rakitan untuk konser outdoor, power rakitan untuk konser di luar ruangan