KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Mengenal Lebih Dalam Power Amplifier Speaker 18 Inch

Mengenal Lebih Dalam Power Amplifier Speaker 18 Inch

Salah satu keuntungan jika Anda dapat cara merakit power amplifier speaker sendiri yakni anda bisa mendapatkan spesifikasi atau kualitas audio yang sesuai dengan keinginan, contohnya jika Anda ingin menambahkan komponen-komponen ke dalam amplifier suapaya suara yang di hasilkan menjadi lebih bagus serta dapat dilakukan kapanpun yang Anda inginkan. 

Beda ceritanya jika membeli amplifier yang baru siap pakai, karena untuk kualitas dari suara yang di hasilkan sudah di tentukan atau dibuat oleh pabrik. Apabila Anda ingin mengupgrade power amplifier yang Anda beli, maka Anda harus pergi ke tukang servis amplifier dan juga memerlukan biaya yang relatif banyak. Power amplifier memiliki berbagai macam ukuran. 

Berikut ini mimin akan memberikan informasi tentang power amplifier rakitan untuk speaker 18 inch dengan yang low bugdet.   

Power Amplifier untuk Speaker 18 Inch

Power amplifier rakitan untuk speaker 18 inch ini memiliki dua jenis. Jenis yang pertama yakni PA Series dan juga M Series. Power amplifier PA series sangat cocok untuk digunakan di luar ruangan seperti lapangan. Karena, memiliki daya atau power yang besar yakni sekitar 1800watt. Sedangkan jenis Power amplifier M series sangat cocok digunakan untuk mendorong speaker ukuran 18 inch. Selain itu jenis power amplifier ini mempunyai tenaga yang handal dan harganya realtif lebih murah.

Cara Merakit Power Amplifier 

Berikut ini adalah cara merakit power amplifier yang benar. Simak pembahasannya.

1. Membuat Power Supply DC Minimal 45 V

Pertama Anda harus lakukan yakni membuat dulu tegangan utama dari supplynya yakni minimal DC 45 volt dengan menggabungkan komponen lain travo, dioda dan juga elco-nya.

2. Menggabungkan tone control dan kit power

Kedua, Anda akan masuk ke bagian tone control dan kit power.  Untuk tipe tone control dan kit power saat ini umumnya sudah di tandai, dimana Anda harus menyambung tegangan dari input DC, audio input/output, dan juga speakernya. Dimana hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses penyambungan.

3. Menggabungkan Komponen

Selanjutnya Anda harus menggabungkan komponen dari Langkah pertam dan kedua. Pada tahap ini power dapat mengeluarkan suara yang selanjutnya tinggal dirakit dengan pada casingnya yang sudah di sediakan jika belum Anda dapat membuatnya terlebih dahulu.

Meski sudah dapat mengeluarkan suara atau bunyi, bunyi atau suara yang di hasilkan dari alat ini masih terbilang standar. Untuk meningkatkan atau upgrade kualitas dari suara atau audionya, Anda harus menambahkan komponen-komponen yang lain namun tergantung bagian mana yang akan Anda ditingkatkan, seperti halnya:

  • Untuk meningkatkan bass pada alat ini Anda dapat menggunakan kit filter subwover.
  • Untuk meningkatkan bass dan juga treeble Anda dapat menggunakan turbo bass.
  • Untuk meningkatkan volume suara atau audio Anda dapat menambahkan master volume.

Itulah sedikit tips dari mimin tentang power amplifier rakitan untuk speaker 18 inch yang dibuat secara mandiri. Semoga informasi tentang cara merakit power amplifier sendiri ini bermanfaat dan jangan pelit untuk berbagi ilmu dengan teman Anda terkait power amplifier. Sampai jumpa di pembahasan yang lain.

Tags: cara merakit power amplifier sendiri, power amplifier, power amplifier rakitan untuk speaker 18 inch, power amplifier speaker.