KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Tips Memilih Power Ampli Rakitan untuk Outdoor

Tips Memilih Power Ampli Rakitan untuk Outdoor

Cara Merakit Power Amplifier Sendiri bisa dipelajari. Sehingga bisa mendapatkan kualitas hasil sesuai kebutuhan dan keinginan. Jika ampifier akan digunakan untuk acara di luar ruangan maka salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah mengenai Power Ampli Rakitan untuk Outdoor.

Apa itu Power Amplifier?

Power amplifier yang sering disebut secara singkat sebagai power ampli adalah suatu penguat daya. Power amplifier dipergunakan untuk memperkuat sinyal suara yang diterima atau input supaya bisa menghasilkan keluaran atau output yang maksimal. Power amplifier atau alat penguat sinyal audio ini sangat diperlukan agar suara yang dihasilkan bisa lebih keras dan terdengar secara jelas dengan jernih, tidak pecah suaranya ataupun timbul dengung dan berbagai gangguan lainnya.

Power amplifier memiliki fungsi untuk menerima sinyal line level dari preamplifier, lalu power suaranya akan ditingkatkan dan kemudian disalurkan ke speaker dengan impedansi rendah, yang bisa dikombinasikan keduanya sesuai selera dan kebutuhan.

Tips Memilih Power Ampli Outdoor

Berikut ini beberapa tips nya.

Jenis Power Amplifier (PA)

Tentukan terlebih dahulu jenisnya, yaitu  pilihannya bisa driver (tweater), atau middle, Low atau subwofer. Perlu diingat juga bahwa hal ini akan terkait dan berhubungan dengan daya watt PA serta harganya juga. Kemungkinan bisa pertimbangkan untuk membeli 2 kriteria PA multiguna, yakni yang dapat seperti jenis driver (tweater) dan middle lalu yang satu lagi adalah jenis PA yang dapat dipergunakan low dan subwoofer. Sehingga cukup membeli PA untuk speaker middle yang dapat dipergunakan tweater atau membeli PA untuk subwoofer yang pasti dapat juga dipergunakan untuk speaker low. Sesuaikan saja dengan selera dan kebutuhannya di lapangan.

Merk PA yang Tepat

Tak harus membeli merk luar negeri yang mahal, yang penting bagus kualitasnya, stabil dan perhatikan juga dengan layanan after sales nya. PA merk eropa harganya cenderung tinggi. Jika ingin berhemat maka bisa memilih menggunakan merk PA asal Cina, atau Thailand, atau india atau Vietnam yang kebanyakan bahkan sudah diproduksi secara lokal di dalam negeri, kecuali beberapa yang masih diimpor langsung. Produk PA yang bagus biasanya ramping dan ringkas, selain itu juga memiliki system protection yang bisa diandalkan. PA tersebut bisa berukuran lebih ramping, karena menggunakan mini komponen high quality seperti jenis komponen surface mount device (SMD) dan juga trafo jenis toroidal yang mempunyai tingkat efisiensi sangat sangat bagus.

Daya Keluaran (watt)

Pilih daya output power amplifier yang sesuai dengan kebutuhannya. Spesifikasi  daya PA haruslah lebih besar dari kemampuan daya speaker nya. Bisa cek pada name plate kemampuan daya PA yang tercantum. Lalu periksa kemampuan daya dalam watt RMS (murni), dan kemampuan total daya (stereo) serta dalam berapa ohm (impedansi speaker) kemampuan total daya PA tersebut yang bisa digunakan. Maksimal impedansi yang tepat ialah sebesar 4 ohms. Usahakan agar jangan terlalu banyak speaker dalam satu kanal PA sebab akan bisa menurunkan performa PA. Lalu usahakan untuk memperpendek panjang kabel speaker dengan PA nya.

Itulah beberapa tipsnya. Pertimbangkan dengan cermat dalam memilihnya.

Tag: Power Ampli Rakitan untuk Outdoor, kekuatan ampli rakitan untuk luar ruangan, powet ampli rakitan untuk lapangan