KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Wanginya Usaha Laundry Dan Bagaimana Cara Memulainya?

Wanginya Usaha Laundry Dan Bagaimana Cara Memulainya?
Jasa laundry adalah salah satu peluang usaha yang hingga saat ini masih cukup terbuka lebar kesempatannya karena targetnya kini tidak hanya mahasiswa saja. Sebelumnya bisnis ini cukup menjamur di lingkungan kampus karena mahasiswa yang tinggal di kos-kosan atau kontrakan akan sangat terbantu dengan adanya jasa cuci pakaian dengan harga yang murah, pelayanan yang kilat, dan pakaian yang kotor dikembalikan dalam keadaan bersih dan wangi.

Kini pengguna jasa laundry berkembang ke pegawai kantoran yang sibuk bekerja sehingga tidak ada waktu untuk mencuci pakaian sendiri, hingga ke rumah tangga yang sudah disibukkan dengan kegiatan mengurus rumah dan keluarga yang lain sehingga bebannya bisa dikurangi dengan menggunakan jasa laundry. Anda ingin mencicipi untungnya usaha kecil ini? Berikut adalah beberapa hal yang mesti diperhatikan ketika membuka usaha jasa laundry.

Jasa apa saja yang ingin ditawarkan

Layanan jasa yang ditawarkan oleh pengusaha laundry yang paling dasar adalah mencucikan pakaian dengan menggunakan mesin cuci kemudian menyetrikanya dan diberi pewangi. Pakaian yang sudah kering, halus, dan wangi kemudian dimasukkan ke dalam tas atau plastik untuk diambil oleh pemiliknya. Untuk memberikan keunggulan pada usaha Anda, bisa ditambah layanannya. Seperti misalnya layanan antar jemput pakaian, dry cleaning, atau layanan-layana yang lebih khusus misalnya jasa cuci pakaian bayi menggunakan detergen yang anti alergi, atau jasa mencucikan perlengkapan penginapan-penginapan yang ada di lingkungan Anda terutama yang tinggal di lingkungan wisata.

Temukan lokasi yang pas

Tentukan lokasi usaha laundry yang pas dengan target konsumen Anda. Misalnya untuk mahasiswa atau karyawan maka buka usaha di area kos-kosan dan asrama, untuk konsumen rumah tangga maka dekatkanlah dengan lingkungan perumahan, atau apartemen-apartemen tempat tinggal. Pilih lokasi yang bisa dengan mudah dicapai oleh konsumen, tidak sulit kalau mau parkir, punya area yang cukup untuk menjemur pakaian, dan mudah ditemukan oleh lalu lintas manusia.

Pilih perlengkapan cuci yang tepat

Pilih jenis mesin cuci yang akan Anda gunakan, setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mesin cuci dengan pintu atas misalnya, harganya jauh lebih murah daripada yang pintu depan namun memiliki ukuran yang lebih besar dan harus pindah tabung jika ingin mengeringkan. Untuk mesin cuci pintu depan harganya memang lebih mahal tapi desainnya lebih hemat tempat dan satu tabung bisa digunakan untuk mencuci sekaligus mengeringkan. Anda bisa mencari mesin cuci bekas dengan kondisi yang masih bagus untuk harga yang lebih murah. Perlengkapan jasa laundry lainnya adalah detergen, pewangi, dry cleaner, timbangan, plastik pembungkus, dan lainnya.

Pertimbangkan untuk cari kredit usaha

Untuk memulai usaha laundry kadang membutuhkan modal yang mahal terutama untuk sewa tempat usaha dan juga beli mesin cucinya. Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari kredit usaha di bank atau lembaga keuangan yang valid lainnya untuk membantu menyediakan modal kemudian membayar cicilan modal sambil menjalankan usaha. Buat rencana bisnis yang rapi, sebutkan rincian biaya modal untuk apa saja, lokasi bisnis, layanan yang disediakan, agar kreditur mau untuk mencairkan dana modal kepada Anda. Anda bisa mencari kredit usaha ke lembaga keuangan non perbankan tapi pastikan memilih kredit dari lembaga yang terpercaya, legal, dan memiliki kontrak kredit yang jelas dan tidak merugikan. Itulah beberapa hal yang mesti Anda perhatikan jika tertarik untuk merintis usaha laundry kecil-kecilan.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan jika ingin memulai usaha Laundry.