KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

5 Tips Jitu Sukses Jualan Di Marketplace

5 Tips Jitu Sukses Jualan Di Marketpalce
Salah satu cara untuk memasarkan sebuah produk usaha kecil adalah dengan menjualnya di online marketplace. Online marketplace adalah tempat berkumpulnya para penjual dan juga pembeli dalam satu platform tertentu sehingga penjual bisa berpeluang untuk mendapatkan konsumen lebih banyak dan pembeli bisa memiliki variasi pilihan produk yang lebih banyak. Sederhananya, Anda mungkin lebih familier dengan marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Olx, dan toko-toko online lainnya. Peluang untuk mendapatkan konsumen lebih banyak memang lebih besar, tapi masalahnya bisa jadi yang jual produk yang sama atau serupa dengan usaha Anda tidak hanya satu dua tapi banyak. Bagaimana Anda bisa menarik perhatian konsumen ketika berjualan di online marketplace?

Siapkan kualitas produk

Kualitas produk yang Anda jual harus baik agar mendapatkan ulasan yang bagus dan jadi referensi bagi calon konsumen lainnya agar tertarik dengan produk yang Anda jual. Tulis deskripsi produk, bahan pembuatnya, ukuran, fungsi, dan informasi penting lainnya mengenai kualitas produk. Jaga kepercayaan konsumen dengan memberikan produk yang berkualitas baik dalam setiap pengiriman barang. Makin banyak Anda mendapatkan  pembeli, makin banyak ulasan positif yang mengulas produk dan juga layanan toko Anda, makin mudah bagi konsumen untuk memilih toko Anda dibandingkan dengan toko lain dengan produk serupa.

Siapkan foto produk yang bagus

Ada baiknya untuk berinvestasi membuat foto produk yang diambil secara profesional karena akan terlihat jauh lebih menarik dibandingkan dengan foto yang asal-asalan. Sajikan foto dengan kualitas gambar yang bagus, jelas, memperlihatkan barang dari berbagai macam sisi sebagai gambaran yang jelas untuk calon konsumen, dan yang pasti sesuai dengan produk yang memang dijual. Hindari mencari gambar produk yang sudah ada di internet untuk memastikan produk yang Anda jual adalah produk original dan bukan menyomot hasil karya foto orang lain.

Sediakan pilihan jasa ekspedisi yang lebih banyak

Ketika berjualan di marketplace  maka siap-siap untuk mendapatkan pesanan barang dari konsumen yang tinggalnya jauh dari lokasi Anda. Artinya, barang pesanan harus dikirimkan dengan menggunakan jasa ekspedisi yang bisa menjangkau lokasi pembeli sehingga nantinya pembeli bisa yakin untuk membeli produk dari toko Anda. Sebisa mungkin sediakan pilihan jasa ekspedisi sebanyak mungkin karena setiap jasa ekspedisi memiliki jangkauan daerah pengiriman yang berbeda-beda, dan tidak semua jasa ekspedisi yang mainstream  melayani pengiriman ke daerah-daerah pelosok.

Pilih marketplace dengan karakter konsumen yang pas dengan produk

Setiap marketplace sengaja atau tidak sengaja memiliki karakter konsumen yang berbeda-beda. Seperti Shopee misalnya lebih populer di kalangan wanita dengan produk-produk kosmetik yang beragam dan lebih murah. OLX lebih banyak digunakan sebagai lapak untuk jual beli barang bekas, Tokopedia dan Bukalapak lebih banyak digunakan untuk jual beli produk-produk UKM Indonesia, dan sebagainya. Anda bisa memilih mau berjualan di marketplace yang mana disesuaikan dengan target konsumen dari produk yang Anda jual.

Pelayanan yang bagus

Selain kualitas produk yang bagus, kualitas pelayanan dari penjual juga harus membuat konsumen tidak segan untuk kembali membeli produk Anda lagi. Pelanggan yang puas pasti akan meninggalkan ulasan yang baik dan bisa dilihat oleh calon konsumen yang lain. Pelayanan yang baik ketika berjualan di marketplace adalah memberikan respon yang cepat jika ada pertanyaan atau komplain dari pembeli, cepat dalam mengirimkan barang ke jasa kurir, pengemasan produk yang aman untuk pengiriman, dan komunikatif.

Itulah 5 Tips Jitu Sukses Jualan Di Marketplace, Semoga Bermanfaat