KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Berikut Rumus dan Faktor-faktor yang Memengaruhi Daya Watt Amplifier

Power Rakitan 15 Ampere: Berikut Rumus dan Faktor-faktor yang Memengaruhi Daya Watt Amplifier

Power rakitan 15 ampere , bagi anda yang senang berkutat di dalam dunia sound system dan perakitan tentu mengetahui bagaimana cara melakukan perhitungan daya watt adalah salah satu hal yang penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan suara tidak pecah, anda harus mengetahui daya watt amplifier-nya terlebih dahulu

Rumus Menghitung Daya Watt Amplifier, Power Rakitan 15 Ampere

Terlepas dari Cara Menghitung Daya Watt Amplifier yang belum bisa menentukan daya watt realnya, namun minimal anda bisa menghitung perkiraan yang mendekat nilai watt aslinya. Berikut rumus perhitungan daya watt amplifier yang dapat anda gunakan:

P = VRMS2 / R

P = Vpeak2 / 2R 

Amplifier ideal (Vpeak = Power Supply)

Faktor-faktor yang Memengaruhi Daya Watt Amplifier

Ada beberapa faktor yang memengaruhi besar kecilnya daya watt amplifer, yakni:

  1. PCB rangkaian amplifier yang anda gunakan.
  2. Besarnya amper trafo juga berpengaruh pada besarnya daya watt yang dikeluarkan.
  3. Jenis transistor final yang digunakan.
  4. Pengaruh dari besarnya kapasitor power supply.

Kelebihan Power Rakitan

Power rakitan ialah power yang dirakit dari antar satu komponen dengan komponen yang lainnya, seperti tone control, trafo, dan perlengkapan audio lainnya. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh power rakitan, diantaranya:

  1. Komponen bisa dicicil
  2. Harga lebih terjangkau
  3. Apabila terjadi kerusakan komponennya mudah dicari. 

Tips Suara Amplifier Jernih

Setelah mengetahui rumus perhitungan dan faktor-faktor yang memengaruhi besar kecilnya daya watt amplifier, baik secara langsung maupun tidak anda akan bertanya-tanya bagaimana cara agar suara amplifier menjadi lebih besar dan jernih. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Gunakan trafo dan elco yang bagus

Trafo dan elco adalah dua komponen utama amplifier yang berfungsi untuk menyesuaikan sinyal output dan input menjadi lebih berkualitas. Di dalam amplifier, trafo berperan sebagai sumber daya utama yang memiliki fungsi untuk menurunkan tegangan agar sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan oleh amplifier.  Agar suara yang dihasilkan amplifier jernih dan lebih besar, gunakanlah trafo yang bagus.

Sementara, elco merupakan komponen amplifier memiliki fungsi untuk menyaring arus listrik bergelombang menjadi rata. Selain itu, komponen ini juga berfungsi untuk memengaruhi suara bertipe bass pada amplifier. Supaya suara yang dihasilkan jernih, maka lebih baik anda menggunakan elco yang besar dan bagus dengan begitu kualitas bass yang dihasilkan menjadi lebih baik.

2. Jangan lupa untuk memperhatikan masalah ground

Power rakitan 15 ampere , biasanya pemasangan ground yang kurang tepat akan membuat suara yang dihasilkan amplifier kurang jernih. Oleh karena itu, anda perlu memastikan bahwa pemasangan ground dilakukan dengan baik, seperti memperhatikan pemasangan potensio harus menempel dengan body box aluminium atau besi.

Tags: sound system, amplifier, power rakitan