KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

3 Fungsi Amplifier yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

Power Amplifier 1000 Watt Rakitan: 3 Fungsi Amplifier yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

Bagi anda yang sering menggunakan perangkat audio tentunya sudah tidak asing lagi dengan alat yang disebut amplifier, seperti power amplifier 1000 watt rakitan. Pada dasarnya fungsi alat tersebut adalah untuk menguatkan dan menjernihkan suara agar terdengar lebih jelas. 

Apa Itu Amplifier? Power Amplifier 1000 Watt Rakitan

Amplifier adalah sebuah perangkat yang berguna untuk mengubah sinyal dari input dengan amplitudo rendah menjadi sinyal output dengan amplitudo yang relatif lebih tinggi tanpa mengubah frekuensinya. Sehingga, sinyal yang dikeluarkan nantinya menjadi lebih kuat dan berupa suara audio berbentuk analog. 

Amplifier biasa digunakan pada perangkat audio dengan sound speaker. Agar alat ini bisa bekerja, maka memerlukan tranduser yang berperan untuk mengonversi suara menjadi listrik. Serta, sinyal listrik yang digunakan harus memiliki tiper arus bolak balik agar tegangannya tetap. Dengan demikian, output yang dihasilkan oleh amplifier akan menjadi lebih besar, atau biasa disebut dengan gain. 

Fungsi Amplifier

Cara Menghitung Daya Watt Amplifier, adapun fungsi lain dari amplifier selain yang sudah disebutkan di atas, yaitu:

1. Untuk menguatkan suara

Fungsi utama dari amplifier adalah sebagai booster atau penguat suara. Bagaimana caranya agar suara yang dihasilkan jernih? Yakni dengan memanfaatkan kemampuan amplifier dalam memperkuat sinyal audio. Karena sinyal yang dikuatkan nantinya akan dikeluarkan melalui gelombang suara yang ada pada loudspeaker. 

Proses penguatan suara tersebut dimulai dengan mengkonversi suara menjadi sinyal listrik agar tegangnya meningkat. Apabila tegangannya sudah naik, secara tidak langsung suara yang dihasilkan akan menjadi lebih besar, namun tetap jernih. Hal ini dikarenakan frekuensinya tidak mengalami perubahan.

2. Menyesuaikan suara output

Fungsi amplifier selanjutnya, untuk menyesuaikan suara atau output yang dikeluarkan oleh perangkat audio. Dengan kata lain amplifier bisa membuat sinyal keluaran mirip dengan sinyal masukan. 

Bagaimana bisa? Hal ini terjadi karena amplifier menggunakan komponen pre-amp yang membuat frekuensi sinyal output akan tetap sama dengan sinyal input. Biasanya, beberapa perangkat audio seperti CD/DVD, dan MP3 player memiliki karakteristik suara output yang berbeda. 

Nah, dengan menggunakan amplifier maka suara yang dikeluarkan bisa disesuaikan dan meskipun suaranya menjadi besar namun tetap jernih.

3. Mengatur karakteristik suara

Fungsi terakhir amplifier adalah untuk mengatur karakteristik suara yang dikeluarkan, misal treble, bass, middle, volume dan balance. Umumnya, amplifier bisa berfungsi dengan maksimal jika di dalam perangkat audio terdapat komponen lain, seperti AUX yang biasa ada di TOA. 

Jika suara pada amplifier, power amplifier 1000 watt rakitan anda sember, jangan khawatir karena anda hanya perlu mengatur beberapa fitur yang tersedia di alat tersebut. Setelahnya, karakteristik suara yang dikeluarkan amplifier dapat diubah sesuai dengan keinginan anda.

Tags: perangkat audio, amplifier