KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Masalah yang Sering Terjadi dalam Usaha Kecil dan Solusinya

Masalah yang Sering Terjadi dalam Usaha Kecil dan Solusinya
Dalam hidup, masalah dan tantangan akan selalu datang menghampiri, termasuk dalam urusan terkait dengan menjalankan usaha sendiri. Akan tetapi, Anda tidak perlu langsung berhenti dan menyerah begitu ada masalah datang menerpa usaha kecil yang tengah Anda rintis dan mulai jalankan tersebut. Sebab, sudah ada begitu banyak pengusaha yang membuktikan bahwa kesulitan tak perlu menghentikan langkah mereka menuju kesuksesan.

Lantas, apa saja masalah yang biasa menerpa sebuah bisnis, termasuk usaha kecil yang sedang mulai dijalankan sekalipun? Berikut ini daftarnya, serta solusi yang disarankan untuk mengatasinya. Selamat membaca!

Waktu yang Terbatas

Seperti yang barangkali sudah Anda ketahui dan sadari, semua orang sama-sama memiliki hanya 24 jam dalam sehari. Karenanya, Anda perlu manfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya lewat kebiasaan yang disiplin dan manajemen waktu yang baik. Buat jadwal soal aktivitas apa yang akan Anda lakukan tiap hari, dan buat prioritas agar waktu yang terbatas tersebut benar-benar hanya dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif dan bermanfaat demi perkembangan dan kemajuan usaha kecil Anda. 

Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa beristirahat, ya! Istirahatlah di waktu yang luang dan hari-hari yang benar-benar sudah Anda tentukan sebagai hari libur Anda – inilah serunya menjalankan usaha sendiri, karena Anda bisa tentukan hari libur Anda sendiri.

Kurang Yakin dan Percaya Diri

Sayangnya, banyak pemilik usaha yang kurang percaya diri dengan usaha yang mereka jalani maupun dengan kemampuan yang mereka miliki. Karena itulah, terkadang mereka ragu untuk membuat sebuah keputusan karena pikirannya selalu dihantui dengan rasa pesimis. Padahal, semua usaha yang sudah sukses saat ini pasti berawal dari sesuatu yang baru dan kecil. Semua bisnis sukses tersebut bisa menjadi sebesar sekarang karena usaha dan semangat tanpa henti dari para pendiri dan pemiliknya demi mengembangkan usaha mereka dengan penuh rasa percaya diri. Dengan begitu, mereka sama sekali tidak merasa minder bahkan ketika usaha mereka masih kecil sekalipun.

Tidak Mendapat Dukungan Orang-Orang Terdekat

Hal yang satu ini memang tidak bersifat sangat teknis, namun ternyata dampaknya luar biasa pada seorang pelaku bisnis. Karena masih banyak yang beranggapan bahwa menjalankan usaha sendiri bukanlah bisnis “sungguhan” – anggapan ini barangkali disebabkan oleh ukuran bisnis yang masih kecil dan tidak menghasilkan keuntungan di mata mereka.

Jika Anda kurang mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat begitu Anda memutuskan untuk menjalankan usaha kecil Anda, jangan berkecil hati. Jadikan hal itu sebagai motivasi agar Anda justru makin terdorong dan bersemangat untuk mengembangkan dan membesarkan usaha Anda. Lagipula, bukankah keputusan untuk memulai usaha adalah keputusan yang Anda yakini sebagai pilihan terbaik untuk diri sendiri, dan bukannya atas paksaan atau dorongan orang lain? 

Tidak Menjalankan Manajemen Keuangan yang Baik

Apakah hanya karena usaha yang Anda jalankan masih kecil, manajemen keuangan lantas tidak dibutuhkan? Tentu saja anggapan ini salah.

Manajemen keuangan sangat dibutuhkan dan merupakan salah satu dari berbagai faktor penting yang menentukan maju-mundurnya sebuah bisnis – jangankan di dunia bisnis, manajemen keuangan pun dibutuhkan dalam urusan pribadi!

Karena uang merupakan salah satu aset penting dalam operasional, usaha apapun termasuk usaha kecil membutuhkan pengelolaan yang baik. Mulai dari pembuatan anggaran sebagai perencanaan, pencatatan transaksi, sampai pembuatan laporan, semua data dan informasi tersebut sangat krusial dalam perjalanan sebuah usaha.