KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Untuk Pemula, inilah Tips untuk Mencari Ide Usaha

Untuk Pemula, inilah Tips untuk Mencari Ide Usaha
Tahukah Anda kalau sebenarnya ada banyak sumber inspirasi yang bisa membantu Anda mencari ide usaha? Akan tetapi, banyak pemula yang mengalami kesulitan sekadar untuk mendapatkan ide saja. Nah, jika Anda juga mengalaminya, Anda pun tak perlu cemas. Sebab, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang juga untuk menemukan ide peluang usaha untuk Anda jalankan.

Apa saja tips untuk mencari ide usaha tersebut? Simak daftar dan ulasannya berikut ini!

Lakukan Riset Usaha dan Produk

Pada dasarnya, riset disini dilakukan untuk mengetahui apa ide usaha yang punya potensi besar di tengah persaingan pasar saat ini. Intinya, Anda mencari tahu apa jenis produk yang diterima oleh pasar, baik itu produk berupa barang maupun jasa.

Biasanya, riset saat ini dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan teknologi digital yang sudah makin canggih. Dengan begitu, Anda pun bisa menghemat banyak waktu, biaya, dan tenaga untuk melakukan survei dan menemukan ide peluang usaha yang layak untuk dilakoni.

Contohnya, Anda bisa gunakan Google Trend dan memasukkan kata kunci di saja. Kemudian, halaman Google Trend akan menyajikan data berupa tren usaha atau bisnis di lokasi tertentu. Nah, data tersebut disajikan berdasarkan persentase serta angka pencarian tertinggi yang berkaitan dengan kata kunci yang sebelumnya Anda masukkan.

Dapatkan Ide dari Masalah yang Dialami Orang di Sekitar

Agar produk dari usaha Sobat nantinya bisa diterima masyarakat, produk tersebut perlu jadi sesuatu yang mereka butuhkan. Misalnya sebagai solusi untuk masalah yang selama ini mereka hadapi. Contoh sederhananya adalah bisnis laundry kiloan, yang menjadi solusi bagi masyarakat yang sangat sibuk sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaian mereka sendiri, bahkan jika mereka punya mesin cuci sekalipun.

Dengan begitu, Anda bisa mencari ide usaha dengan mengidentifikasi masalah apa yang dirasakan masyarakat, serta solusi yang Anda anggap bisa mengatasi masalah tersebut.

Belajar dari Usaha Lain yang Sudah Sukses

Bukan berarti Anda mencari ide usaha dengan cara menjiplak, ya! Maksudnya adalah belajar dan menyerap nilai-nilai positif yang bisa Anda terapkan ketika Anda memulai dan menjalankan usaha Anda sendiri, bahkan jika Anda benar-benar mulai dari nol lewat usaha kecil. Nah, dari situ Anda bisa membuat duplikasi dari usaha lain yang sudah berkembang jadi sukses.

Hmm, apa bedanya antara duplikasi dengan menjiplak? Meskipun keduanya mirip, yang dimaksud dengan menduplikasi di sini adalah ATM – amati, tiru, dan modifikasi. Tahap modifikasi inilah yang memainkan peran besar karena berkaitan dengan nilai plus apa yang bisa Anda tawarkan lewat produk barang maupun jasa yang usaha Anda miliki. Dengan begitu, usaha Anda pun memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri yang membedakannya dengan usaha lain yang serupa. 

Ikuti Perkembangan Tren Terkini

Tren merupakan sesuatu yang tengah diminati sekelompok orang dalam satu waktu. Karena itu, jika Anda ingin memulai usaha sendiri yang bisa menjaring konsumen dalam jumlah banyak dalam waktu singkat, tips mencari ide usaha yang satu ini wajib dicoba.

Tidak ada yang salah kok dengan mengikuti tren. Yang penting Anda bisa mengembangkan ide usaha Anda sambil menjalankan bisnis tersebut pada saat yang bersamaan agar tidak 100% bergantung pada tren. Dengan begitu, setelah tren redup dan hilang sama sekali, usaha yang sudah Anda rintis dan mulai jalankan tidak akan mengalami kerugian yang signifikan.

Mungkin hanya itu saja tips mencari ide usaha untuk pemula, semoga bermanfaat