KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Bagaimana Cara Memulai Usaha Sendiri di Rumah? Temukan Jawabannya di Sini!

Bagaimana Cara Memulai Usaha Sendiri di Rumah? Temukan Jawabannya di Sini!
Tak semua orang cocok melakukan pekerjaan kantoran karena berbagai alasan. Misalnya tidak cocok dengan kerja kantoran yang formal dan punya aturan ketat, atau karena harus mengurus keluarga di rumah. Jika Anda ingin membuka bisnis di rumah, Anda tak perlu cemas. Sebab, ada tips dan cara memulai usaha sendiri yang bisa Anda terapkan, bahkan jika modal Anda minim sekalipun.

Seperti apa saja cara memulai usaha sendiri di rumah? Simak penjelasannya berikut ini!

Tips Memulai Usaha Sendiri di Rumah

1. Tentukan usaha yang akan dijalankan.

Pertama, Anda perlu menentukan terlebih dahulu jenis bisnis yang akan Anda jalankan. Pilihannya sangat beragam, seperti usaha yang berkaitan dengan hobi, atau hal-hal lain yang membuat Anda semangat menjalankannya. Hal ini penting agar Anda bisa sepenuhnya termotivasi dan bersemangat untuk memulai dan menjalankan usaha rumahan Anda nantinya, apalagi mengingat bahwa menjalankan bisnis adalah sebuah proses yang panjang dan berkelanjutan.

2. Pilih timing yang pas.

Timing alias penentuan waktu pun perlu dipertimbangkan dalam memulai usaha Anda sendiri di rumah. Sebab, hal ini sangat berkaitan dengan permintaan pasar akan produk yang usaha Anda miliki dan jual. Salah satu contoh usaha yang mampu memanfaatkan timing yang pas adalah usaha yang menjual camilan kekinian atau produk makeup yang bisa merawat kulit agar cerah dan berkilau seperti artis Korea di tengah demam K-Pop.

Selain itu, harga bahan baku juga akan sangat menentukan. Jika Anda memilih untuk memulai usaha ketika bahan baku yang dibutuhkan sedang mahal-mahalnya, maka Anda pun akan dipaksa menjual dengan harga yang lebih mahal juga. Tentunya hal ini pun akan sangat mempengaruhi keputusan pembeli dalam berbelanja.

3. Libatkan orang-orang terdekat di kehidupan Anda.

Ingat bahwa Anda tak harus selalu sendirian dalam menjalankan bisnis Anda nantinya. Ada orang-orang di sekitar yang juga peduli pada Anda, seperti sahabat, pasangan, dan keluarga. Mereka bisa memberikan bantuan dan dukungan bagi Anda dan usaha yang tengah Anda rintis, baik itu dukungan emosional sampai bantuan tenaga atau bahkan modal.

4. Ketahui kebutuhan usaha di awal.

Anda perlu mengetahui apa saja kebutuhan untuk memulai dan menjalankan usaha rumahan Anda nantinya untuk kemudian disiapkan. Mulai dari kebutuhan modal awal berupa dana sampai perlengkapan, persediaan atau stok barang dan sebagainya. Lakukan pencatatan secara rinci dan teliti, termasuk menjabarkan bagaimana cara anda akan memenuhi semua kebutuhan tersebut.

5. Siapkan modal awal.

Bahkan jika Anda belum akan memulai usaha Anda sendiri di rumah dalam waktu dekat ini, pastikan dana yang Anda butuhkan dan rencanakan untuk bisnis sudah disisihkan dan disiapkan. Dengan begitu, Anda tidak akan terdorong untuk menggunakan dana tersebut untuk keperluan lain, apalagi untuk belanja yang sifatnya konsumtif.

6. Buat rekening terpisah dengan rekening pribadi.

Walaupun usaha Anda nantinya baru akan dimulai 100% dari uang Anda sendiri, ingat bahwa uang tersebut sebenarnya sudah bukan lagi jadi milik Anda begitu disetorkan sebagai modal usaha. Karena itu, perlakukan uang tersebut secara profesional dan hati-hati. Agar tidak tercampur dengan uang pribadi Anda, segera buatkan rekening terpisah untuk keperluan dan kebutuhan bisnis Anda tersebut. Walaupun terdengar sepele, mencampuradukkan uang pribadi dengan yang bisnis sebenarnya adalah salah satu hal mengapa banyak usaha rumahan yang gagal.

Nah, itulah beberapa cara memulai usaha sendiri di rumah yang perlu Anda ketahui dan terapkan. Semoga bermanfaat!