KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Wajib Ketahui Skema Rangkaian Power Amplifier Rakitan 1000 Watt

Wajib Ketahui Skema Rangkaian Power Amplifier Rakitan 1000 Watt

Apa itu amplifier? Bagi Anda yang berkecimpung di dunia elektronika tentu sudah tidak asing lagi mendengar istilah amplifier. Amplifier itu ialah serangkaian elektronika yang dapat memperkuat gelombang atau sinyal listrik masukan analog, hingga dapat mengeluarkan output yang lebih besar dengan bentuk gelombang yang mirip dengan sinyal masukannya. Salah satu jenis ini yaitu amplifier rakitan 1000 watt.

Power rakitan amplifier 1000 watt lebih cocok digunakan untuk sound system atau penggunaan luar ruangan, seperti pertunjukkan musik, acara hajatan, dan sejenisnya. Rakitan amplifier ini minimal menggunakan trafo 20 ampere dan outputnya mengandung tegangan DC kurang lebih 63 volt. 

Dengan arus dan tegangan itu, power amplifier 1000 watt bisa saja menghanguskan speaker woofer yang Anda sambungkan. Untuk mengatasinya, Anda harus memasang speaker protector sebelum speaker disambungkan ke power amplifier 1000 watt.

Jika Anda ingin membuat power amplifier dengan daya yang besar, tidak harus membuat satu power amplifier dengan daya yang besar, namun bisa digabungkan dari daya yang kecil. Rangkaian amplifier biasanya menggunakan pasangan transistor power 5 x 2SA1216 dan 5 x 2SC2922 dan menggunakan differential amplifier 2SC1583 yang sebenarnya berisi dua buah transistor yang dikemas menjadi satu.

Menggabungkan Power Amplifier Rakitan 1000 Watt

Anda bisa menggabungkan power amplifier menggunakan teknik seri paralel untuk mendapatkan speaker dengan daya yang besar. Penggabungan tersebut sebaiknya masing-masing speaker mempunyai impedansi yang sama, tipe yang sama, dan daya yang sama.

Tipe yang sama misalnya tipe woofer, mid range, atau tweeter. Untuk jumlah penggabungan speaker tersebut harus berjumlah 4, 9, 16, dan seterusnya. Misalnya, jumlah speaker ada 4 buah, masing-masing berdaya 200 watt, jadi akan dihasilkan daya speaker sebesar 800 watt. Kemudian jika ada 9 speaker masing-masing 200 watt, maka hasilnya 1800 watt.

Lalu bagaimana mengenai pemilihan amper besar atau voltase besar? Pilih mana?

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa voltase besar lebih cenderung merusak dibandingkan ampere besar. Misalnya pada penggunaan amplifier speaker, Anda bisa menggunakan adaptor 24 volt, 5 ampere. Namun, untuk perangkat sensitif gunakan adaptor yang voltasenya sesuai standar pabrik yang telah ditentukan.

Perlu Anda pahami juga bahwa penggunaan komponen-komponen terbaik bukan jaminan untuk membuat amplifier rakitan yang baik juga. Namun, orang yang merakit juga sangat mempengaruhi hasil rakitan, sehingga perakit yang berpengalaman cenderung bisa menghasilkan hasil rakitan yang maksimal.

Itulah sedikit penjelasan mengenai skema rangkaian power amplifier rakitan 1000 watt yang bisa Anda pahami. Pilihlah komponen yang sesuai dan berkualitas, perhatikan juga hal-hal atau komponen saat merakit amplifier karena hal ini akan selalu berpengaruh terhadap hasil rakitan atau suara yang dihasilkan oleh amplifier.

Tags: amplifier, power amplifier, amplifier rakitan, amplifier rakitan 1000 watt