KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Tips Merakit Power Rakitan 400 Watt dan Komponen Penting di dalamnya

Tips Merakit Power Rakitan 400 Watt dan Komponen Penting di dalamnya

Power amplifier dapat dirakit dengan mudah. Komponen dari amplifier rakitannya sendiri juga dapat Anda beli dengan harga yang terjangkau. Sehingga Anda dapat membuat power rakitan 400 watt sendiri. Kelebihan dari power amplifier rakitan 400 watt dapat mengeluarkan suara dengan radius yang jauh pada loudspeaker.

Tips Membuat power rakitan 400 watt

Keahlian yang perlu Anda miliki ketika hendak merakit power amplifier 400 watt adalah kreativitas dan ketelitian. Berikut tips-tips yang akan lebih membantu Anda dalam merakitnya:

1. Teliti dalam Perangkaian di dalam Box

Peletakan rangkaian dari dressing wire, layout, kit, serta trafo diperlukan ketelitian. Peletakannya pun juga membutuhkan kreativitas agar hasilnya terlihat rapi dan indah. Semakin terlihat rapi, maka seni rangkaian dari power amplifier rakitan akan semakin indah terlihat.

2. Letakkan Pendingin Aluminium di Belakang

Perhatikan dalam meletakkan pendingin aluminium. Letakkan di belakang dekat blower agar proses sirkulasi panas dari pendingin aluminium dapat keluar digantikan udara yang baru. Sehingga membuat sistem dari pendingin amplifier dapat bekerja semakin optimal.

3. Pastikan Pemasangan Kabel-kabel di Catu Daya Sudah Benar

Pada bagian rangkaian power amplifier rakitan kabel-kabel yang terpasang di bagian catu daya sudah benar. Jika terbalik, maka dapat mengalami kerusakan yang fatal pada bagian kita amplifier maupun kit pendukung. Lebih baik gunakan tegangan rendah terlebih dahulu untuk mencoba, yaitu 9 VDC. Barulah ketika sudah memastikan bahwa pemasangannya benar, dapat dipindahkan ke tegangan yang seharusnya. Besarnya tegangan berdasarkan kit yang Anda gunakan yaitu, sekitar 25 VDC sampai dengan 32 VDC. 

Komponen-komponen Penting Power Amplifier Rakitan 400 Watt

Semakin baik kualitas amplifier, maka komponen yang dibutuhkan juga semakin banyak. Berikut adalah komponen-komponen yang harus Anda persiapkan:

1. Catu Daya

Catu daya atau yang disebut juga power supply pada dioda 10 Amper harus Anda miliki. Sehingga Anda tidak perlu lagi tangkaian regulator dengan tegangan kompleks. Anda juga perlu memadukan dengan power supply model switching agar tingkat ripple tegangan dapat lebih rendah. Amper Besar atau Voltase Besar? Pilih mana? Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2. Kit Speaker Protektor

Kit speaker protektor sangat diperlukan untuk menjaga kualitas loudspeaker. Jika ingin loudspeaker memiliki usia pakai yang lama, maka perlu dialiri dengan sinyal AC audio. Sehingga dengan adanya kit power amplifier terbaik speaker protektor akan melindungi loudspeaker dari kerusakan dini.

3. Trafo 10 Amper dan Box Power Amplifier Rakitan

Untuk membuat power amplifier rakitan 400 watt diperlukan minimal trafo 10 Amper. Sehingga daya outputnya akan lebih optimal. Selain itu, komponen penting berikutnya adalah box power amplifier dengan ukuran dan bentuk box sesuai selera Anda. Perhatikan dengan cermat pemilihannya agar proporsional disesuaikan ukuran dari power amplifier.

4. Heatsink dan Kipas Pendingin

Power amplifier rakitan yang digunakan pasti akan panas. Sehingga perlu adanya heatsink untuk mencegah kerusakan karena suhu melebihi batas. Pendingin alumunium berukuran lebar diperlukan dan sesuaikan ukurannya dengan box yang Anda gunakan. Kemudian kipas pendingin dengan daya tinggi agar sirkulasi udara yan ada dalam box tergantikan udara baru. 

Itulah tips-tips dan komponen penting dalam merakit power amplifier 400 watt. Penjelasan tersebut akan sangat membantu Anda untuk merakit power rakitan 400 watt. Sehingga hasilnya dapat lebih maksimal.

Tags: power amplifier, amplifier rakitan, loudspeaker, audio, catu daya, kit speaker protektor, trafo, box, heatsink, kipas pendingin, sirkulasi udara, amper, transistor power