KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Tips Mengatasi Suara Dengung Pada Power Rakitan 20 Ampere dan Fungsinya

Tips Mengatasi Suara Dengung Pada Power Rakitan 20 Ampere dan Fungsinya

Teknologi yang semakin canggih, membuat banyak bermunculan alat alat elektronika yang canggih juga salah satunya power rakitan 20 ampere. Penggunaan power rakitan memang sudah banyak digunakan baik untuk kebutuhan individu dalam rumah tangga dan juga kebutuhan outdoor lainnya.

Tentang power rakitan

Mungkin bagi sebagian orang masih belum mengerti tentang power rakitan. Power amplifier atau bisa dikenal dengan nama power rakitan, yang merupakan komponen satu dengan lainnya hingga menjadi power rakitan terbaik. Penggunaan amplifier biasa digunakan sebagai alat untuk menguatkan dan menjernihkan suara/audio.

Meskipun dengan teknologi yang canggih, sering dengan berjalannya waktu ditambah dengan pemakaian yang tidak benar dapat membuat power rakitan mudah rusak. Permasalahan yang sering dikeluhkan pengguna power rakitan adalah permasalahan pada suara audio yang keluar seperti mendengung.

Fungsi amplifier pada audio

  • Menguatkan suara

Fungsi utama dari penggunaan amplifier adalah untuk penguat suara audio. Dengan penggunaan amplifier, audio yang keluar dapat lebih jernih dan lebih besar.

  • Mengatur karakteristik suara

Selain untuk menguatkan suara, amplifier juga digunakan untuk mengatur karakteristik suara seperti bass, treble. Komponen pendukung amplifier atau power rakitan 20 ampere adalah AUX yang biasanya ditemukan di TOA, namun dapat juga anda dapatkan di toko elektronik.

  • Menyesuaikan output

Fungsi lain dari amplifier adalah untuk menyesuaikan suara yang keluar dari perangkat audio. Cara kerjanya seperti sinyal masukan, dengan menggunakan komponen pre-amp membuat frekuensi sinyal output tetap sama.

Cara menghilangkan dengung pada power rakitan

Setelah mengetahui tentang power amplifier atau power rakitan, dan permasalahan yang sering terjadi adalah suara dengung yang keluar dari power. Ketika anda akan berencana menggunakan power rakitan, anda perlu mengetahui terlebih dahulu 

  • Cek arus listrik terlebih dahulu 

Untuk menghilangkan dengung anda dapat mengecek pada bagian tone control dan power. Karena salah satu penyebab terjadinya suara dengung dapat dikarenakan tegangan pada power yang tidak sesuai.

  • Cek Ground dan Body/Box

Cara lainnya anda dapat mengecek body pada power rakitan, jika body sudah memiliki ground bisa jadi suara dengung akan hilang. 

  • Gunakan trafo dan elco

Fungsi dari trafo dan elco adalah untuk menyesuaikan sinyal output dan input agar lebih berkualitas. Dengan trafo dapat menurunkan tegangan, cara menghitung daya watt amplifier, menggunakan watt meter. Ketika tegangan sudah sesuai, maka suara yang keluar dapat jernih dan keras.

Dari pernyataan di atas mengenai power rakitan 20 ampere di atas dan juga cara mudah untuk mengatasi suara output yang mendengung. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi jika power rakitan atau amplifier mengeluarkan suara dengung dan tidak keras.

Tags: power amplifier, rakitan, dengung, suara, power rakitan, terbaik