KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Mudah dan Cepat! Ini Cara Membuat Power Amplifier 200 Watt Rakitan dan Perhitungan Daya Watt

Mudah dan Cepat! Ini Cara Membuat Power Amplifier 200 Watt Rakitan dan Perhitungan Daya Watt


Membuat power Amplifier 200 watt rakitan mulai dari awal memang sangat membutuhkan energi, dan biaya yang banyak serta waktu yang tak sedikit. Tetapi saat ini sudah ada banyak sekali penjual atau toko-toko elektronik yang menyediakan berbagai macam power Amplifier yang sudah dijual berupa sebuah kit, harganya pun tidak tergolong mahal.

Pastinya ini akan membuat calon pembeli senang karena adanya kemudahan yang diberikan, sehingga tinggal dirakit saja dan dihubungkan sesuai alurnya dengan tepat. Tak usah susah payah membuatnya dari tahap yang paling dasar. Nah, sudah ada kit power Amplifier, kini anda akan diajak untuk menyimak proses merakit setelahnya. 

Pembuatan Power Amplifier 200 Watt Rakitan

Sebelum merakit, alat serta bahan untuk proses pembuatannya yang terpenting adalah box Amplifier, kit tone control, input saklar selector, saklar berupa tombol nyala dan mati, power Amplifier kit 200 watt dengan tambahan berupa headsink, Elco 50 V, Dioda 6A 4 biji, transformator 5A, DC kipas, speaker out, sekring, AC colok, kabel-kabel, LED dioda, solder timah, dan jangan lupa baut atau sekrup. Siapkan juga peralatan seperti solder, obeng, pinset, tang, cutter, gunting, bor listrik beserta alat tambahan untuk rakitan nantinya. 

Cara membuatnya, perhatikan langkah berikut :

  • Rakit dahulu power supply nya dengan cara mengaitkan AC kabel menuju kaki saklar serta transformator 0-220 
  • Kaitkan kaki AC dioda bersama kaki dari transformator 24v
  • Kaitkan juga Elco 50V terhadap kaki yang positif dengan kaki yang positif di dioda, lalu ground transformator dikaitkan dengan dua kaki dari Elco lain. Maka akan terlihat tegangan yang simetris berupa +, -, 0. Ini akan mensupply kit dari power dengan 200 watt tersebut. 
  • Langkah selanjutnya, hubungkan power kepada setiap rangkaian dari kit yang sudah disediakan lubangnya. Anda tinggal mengaitkannya saja sesuai jalur.
  • Hubungkan jalur dari input audio, caranya yaitu hubungkan pin out selektor dengan pin input tone kontrol
  • Kontrol pin input tone dikaitkan kepada pin input power dengan watt 200
  • Hubungkan pin out power 200 watt kepada konektor out ke speaker 
  • Untuk finishing, tempatkan masing-masing kit pada box lalu bautlah dengan benar dan rapi. Hubungkan ground menuju box amplifier untuk meminimalkan noise.

Jangan lupa untuk mengecek suara dengan menyambungkan input pada amplifier kepada hp, laptop, ataupun komputer juga bisa. Ubah ubah volumenya dan pastikan tak ada noise. Amplifier yang dayanya besar biasanya dipakai sebagai acara acara penting, sedangkan amplifier yang mini biasanya untuk kesenangan atau hiburan iseng di rumah saja. Power 200 watt ini juga terkadang difungsikan sebagai speaker atau TOA di masjid.

Pada proses perakitan tadi, alangkah baiknya jika anda juga memahami terlebih dahulu tentang cara menghitung daya watt Amplifier. Nah, bagaimana cara menghitungnya? Berikut ada rumus untuk perhitungan perkiraan daya watt.

Menghitung Perkiraan Daya Watt

Rumus dasar yang sering dipakai dalam menghitung perkiraannya agar diketahui daya watt yang mendekati asli adalah P = VRMS² / R. P merupakan simbol atau singkatan dari watt atau daya. Masukkan jumlah ohm speaker sebagai R nya, tetapi dikali dengan 2.

Cukup sekian informasi yang telah disajikan mengenai power amplifier dan juga perhitungan perkiraan dari daya watt. Mungkin jika anda adalah pemula, proses membuat power amplifier 200 watt tampak sulit, tetapi apabila dipelajari dengan baik takkan terlihat sulit jika dilakukan.

Tags: power amplifier, power rakitan, amplifier 200 watt