KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Komponen Pembuatan Power Rakitan 5 Ampere yang Mudah untuk Pemula

Komponen Pembuatan Power Rakitan 5 Ampere yang Mudah untuk Pemula

Selain bisa didapatkan dengan membeli langsung dari toko offline maupun online, ternyata anda bisa membuat sendiri power rakitan 5 ampere di rumah. Power menjadi hal yang sangat penting dalam kaitannya dengan suatu perangkat berupa elektronik salah satunya power Amplifier. 

Selain power, trafo juga berperan penting untuk menentukan tingkat volt serta ampere dari supply listriknya yang telah dibuat dari power. Jadi, sebelum merakit power 5 ampere, anda harus mengetahui dengan benar dahulu kemampuan dari trafo tersebut. Tak berlama-lama lagi, mari langsung bahas cara merakitnya.

Bahan Membuat Power Rakitan 5 Ampere Sendiri

Dalam melakukan perakitan power 5 ampere ini, ada bahan-bahan penting yang harus anda persiapkan, seperti trafo dengan 5 ampere, Elco 4 buah, pendingin 2 buah, 4 set Sanken, 1 Dioda sisir, cintrol tone, box power, saklar jack rca, kabel kipas, sikring, kit driver, equalizer, dan bahan tambahan lainnya. Anda dapat menambahkan lampu kecil juga jika ingin tampilan lebih menarik. 

Sedangkan peralatan yang akan anda butuhkan yaitu antara lain, obeng, solder, bor untuk listrik, tang, gunting, cutter, pinset, serta alat lainnya yang dirasa juga diperlukan untuk melakukan proses perakitan power 5 ampere ini. Sebelum merakitnya, pastikan semua posisi yang ada di dalam box tersebut sudah rapi dan tersusun dengan baik.

Sekedar informasi bagi anda yang tidak mengerti fungsi dari Elco, jadi Elco ini adalah Elektrolit Kapasitor yang berperan sebagai penyimpan untuk muatan listrik yang bersifat sementara saja. Untuk mengurangi risiko dari tegangan yang drop, disarankan menggunakan Elco ini.

Cara merakitnya memang cukup rumit, tetapi hasilnya sangat bagus dan mantap. Perkiraan untuk merakit power 5 ampere bisa membutuhkan hanya sekitar 1 atau 2 hari jika anda memiliki waktu yang benar-benar senggang. Jenisnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda, ada yang 150 watt sampai dengan 1000 watt. Tentunya setiap jenisnya memiliki komponen tambahan yang berbeda. 

Cara Menghitung Daya Watt Amplifier

Untuk merakit sound, bukan hanya komponennya saja yang penting, tetapi perhitungan mengenai daya watt juga perlu dipahami untuk dapat menciptakan kualitas suara yang memuaskan. Simak rumus dasar di bawah ini.

P = VRMS² / R (VRMS kuadrat dibagi dengan R) 

P adalah daya atau watt

R tergantung kepada berapa ohm dari speaker yang digunakan

Dengan memakai rumus di atas sebagai perhitungan daya watt, anda dapat memperkirakan daya watt yang asli. Sebenarnya ada banyak penyebab yang mempengaruhi daya watt, tak hanya dari rumus saja. Misal seperti dari final transistor, rangkaian PCB amplifier, dan besaran dari ampere trafonya. 

Seperti itulah komponen yang diperlukan dalam merakit power dengan 5 ampere beserta perhitungan tentang daya watt amplifiernya. Dalam membuat power rakitan 5 ampere sendiri di rumah anda harus memahami banyak sekali perhitungan dan pertimbangan sebelum melakukannya agar output yang dibuat tak mengecewakan.

Tags: power rakitan 5 amper, power rakitan, trafo