KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Ampli Speaker Rakitan

Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Ampli Speaker Rakitan

Banyak orang yang suka menggunakan ampli speaker rakitan karena perangkat jenis ini memiliki banyak keuntungan. Namun, tidak jarang orang kurang memperhatikan apa yang menjadi kelemahan perangkat ini saat memilihnya. 

Saat memilih perangkat amplifier memang banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari pilihan ampere besar atau voltase besar? pilih mana, sampai jenis ampli yang ingin digunakan. Berikut akan dijelaskan kelebihan serta kekurangan dari perangkat rakitan ini. 

Mengenal Ampli Speaker Rakitan 

Seperti namanya amplifier ini adalah jenis yang dirakit sendiri oleh seseorang. Biasanya komponen dari amplifier dibeli secara terpisah dan secara bertahap. Baru setelah semua komponen terkumpul dirakit menjadi satu perangkat amplifier yang utuh. 

Perakitan memang lebih aman jika dilakukan oleh seseorang yang memiliki kemampuan di bidang elektronika. Namun, bukan berarti orang biasa tidak bisa mempelajari cara merakit amplifier. 

Namun, memang lebih aman untuk menyerahkan perakitan kepada orang yang memahaminya. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan kesalahan teknis.

Kelebihan dari Ampli Speaker yang Rakitan 

Setelah mengenal perangkatnya, pertama akan dibahas terlebih dahulu apa yang menjadi kelebihan dari perangkat ini. Berikut adalah penjelasannya yang lebih lengkap. 

1. Harga Cenderung Lebih Murah 

Harga amplifier yang rakitan memang cenderung lebih murah. Hal ini karena perakit bebas menentukan komponen yang digunakan. Jadi, para perakit bisa menyesuaikan harga komponen sesuai dengan budget yang ada. 

2. Dapat Dibuat Secara Bertahap 

Karena harus menunggu komponen lengkap terlebih dahulu, pembuatan dari amplifier ini bisa dilakukan secara bertahap. Hal ini sangat sesuai untuk orang yang mungkin memiliki dana yang terbatas. 

Karena para perakit tidak harus memiliki dan membeli komponen secara lengkap dan sekaligus. Namun, bisa dicicil sesuai dengan budget yang ada pada saat itu. 

3. Lebih Mudah Mencari Spare Parts 

Karena pada dasarnya adalah perangkat rakitan, jika ada salah satu komponen yang rusak. Para perakit tinggal menggantinya saja. Tanpa perlu repot menyesuaikan brand dengan perangkat yang lain. Bisa menggunakan perangkat yang ada saja. 

Kelemahan Ampli Speaker yang Rakitan 

Selain memiliki kelebihan, tentu saja ada kekurangan dari perangkat ini. Berikut adalah kelemahan dari ampli speaker rakitan yang harus dipertimbangkan lagi. 

1. Lebih Boros Listrik 

Karena menggunakan komponen dari perangkat yang berbeda-beda. Hal ini mungkin saja menyebabkan kerja komponen tidak seimbang. Hal ini yang bisa menyebabkan konsumsi listrik dari perangkat ini jauh lebih boros. 

2. Penggunaan Cepat Panas 

Karena konsumsi listrik lebih besar, tidak heran jika perangkat lebih cepat panas. Jika hal ini terjadi, cukup beresiko untuk menggunakan ampli dalam waktu yang lama. Karena mungkin bisa konslet maupun meledak. 

Itulah kekurangan dan kelebihan dari ampli speaker rakitan. Lebih baik untuk mempertimbangkan hal-hal di atas sebelum menentukan. 

Tags : ampli speaker rakitan, ampli speaker, ampli speaker murah, speaker murah, rakit ampli speaker, amplifiater power.