KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

7 Komponen Wajib Pada Powes Ampli 400 Watt Rakitan

7 Komponen Wajib Pada Powes Ampli 400 Watt Rakitan

Pentingnya penggunaan power ampli rakitan untuk membuat suara atau audio pada sound system berbunyi keras dan jernih. Bagi anda mendalami tentang elektronik tentu tidak asing dengan yang namanya power rakitan atau power amplifier. Terdapat banyak power rakitan yang bagus dengan berbagai tegangan arus yang berbebda, salah satunya power ampli 400 watt rakitan. Terdapat banyak macam macam power ampli rakitan.

Komponen untuk merakit power rakitan

Untuk dapat membuat power ampli rakitan yang bagus, tidak hanya skill atau keahlian saja tetapi juga diperlukan komponen yang berkualitas. Komponen tersebut, diantaranya:

1. Kit ampli 400 watt stereo

Salah stau komponen penting dalam pembuatan power rakitan, dan dapat anda jumpai di toko-toko

2. Kit speaker protector

Fungsi dari kit protector adalah untuk menahan tegangan ketika power pertama kali dinyalakan agar tidak melewati loudspeaker selama beberapa detik.

3. Trafo 10 ampere

Alat untuk menentukan daya output dan mendorong arus dari ampli stereo, minimal dibutuhkan trafo 20 ampere

4. Box power amplifier

Box ini memiliki banyak bentuk dan ukuran. Fungsinya adalah sebagai tempat dari komponen penyusun power ampli 400 watt rakitan.

5. Sirip pendingin

Seperti yang kita tahu jika mesin power rakitan atau power amplifier dinyalakan, akan terjadi overheat. Jika dibiarkan terus menerus dapat terjadi kerusakan pada mesin. Sehingga bantuan sirip pendingin yang cukup dapat digunakan untk menahan panas.

6. Kipas pendingin

Fungsi yang dimilikinya untuk sirkulasi udara, agar udara panas dalam box dapat dikeluarkan dan di dalam suhu udara lebih dingin.

7. Kit catu 10 ampere

Catu daya dar amplifier pada umumnya tidak memerlukan regulator, namun tetap harus ditopang dengan elko dan diode yang berkualitas.

Cara menyusun rangkaian amplifier

Ada banyak macam dalam menyusun rakitan komponen amplifier, yang mana dengan pengaturan daya yang berbeda-beda untuk setiap power rakitan. Oleh karena itu diperlukan alat ukur daya, dan harus mengetahui cara menghitung daya watt amplifier dengan baik.

Untuk dapat menyusun komponen amplifier, setelah anda mengumpulkan komponen dan at yang diperlukan. Berikut prosedurnya:

  • Memosisikan pendingin ke belakang dekat dengan blower/kipas. Fungsinya untuk sirkulasi udara (pendinginan).
  • Memperhatikan kondisi kabel terutama pada bagian catu daya. 
  • Sangat disarankan untuk mencobanya terlebih dahulu dengan tegangan yang sangat rendah, pada percobaan pertama kali
  • Tidak hanya bagian polaritas catu daya saja, bisa jadi terjadi kerusakan secara tidak sengaja dan tidak diketahui.

Demikian dari penjelasan mengenai komponen yang diperlukan saat anda akan merakit power ampli 400 watt rakitan dan sedikit penjelasan mengenai cara dalam menyusun komponen dan peralatan pada power rakitan.

Tags; power, rakitan, 400 watt, amplifier, menyusun, komponen