KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Tutorial Singkat Dan Mudah Pembuatan Power Amplifier Rakitan untuk Speaker 12 Inch

Tutorial Singkat Dan Mudah Pembuatan Power Amplifier Rakitan untuk Speaker 12 Inch
Jika Anda pecinta musik, sebaiknya Anda perlu tahu soal bagaimana upgrade perangkat loudspeaker milik Anda agar keluaran suaranya semakin mantap, yaitu dengan menggunakan penguat atau amplifier. Perangkat itu bisa Anda rakit sendiri dan modifikasi sesuai selera. Pada artikel ini akan diuraikan tentang menggunakan power amplifier rakitan untuk speaker 12 inch. 

Peralatan untuk Membuat Power Amplifier Rakitan untuk Speaker 12 inch

Inilah alat-alat yang perlu Anda siapkan untuk power amplifier rakitan

1. Modul Power Amplifier

Anda perlu beli untuk modulnya saja. Modul amplifier terdiri dari komponen-komponen kecil yang tersusun dan tersambung satu sama lain berdasarkan prinsip elektronika di papan sirkuit (PCB).

2. Kit Power Amplifier

Karena amplifier-nya berdaya tinggi maka dibutuhkan catu daya dengan nilai elco yang tinggi, yaitu minimal 10000 uF/50 volt dan arus listrik sekitar 10 Amper yang mengalir melalui diode.

3. Seperangkat Pelindung Speaker

Waktu amplifier dihidupkan akan terjadi transient yaitu mengalir arus DC ke audio, yang seharusnya adalah arus AC. Jika dibiarkan tanpa proteksi dari pelindung speaker maka akan selalu muncul suara “jedug” yang berpotensi merusak speaker.

4. Heatsink

Transistor pada modul amplifier bisa dengan mudah mengalami disipasi daya apabila perangkat mengalami kenaikan suhu hingga di atas ambang batas. Hal ini bisa dicegah dengan pemberian pelat dingin (heatsink) yang akan menjadi penyalur suhu panas tersebut.

5. Kipas

Untuk hasil maksimal, Anda bisa menggunakan kipas untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam amplifier agar suhu panas tidak terjebak lama di dalamnya.

Cara Merakit Power Amplifier Sendiri

Berikut cara merangkai komponennya menjadi satu kesatuan dengan benar

1. Sambungkan Modul Amplifier ke Perangkat Pelindung Speaker

Pastikan masing-masing warna dari kabel modul amplifier tersambung ke port-nya pelindung speaker dengan benar: kabel merah dengan port merah, kabel ground dengan port ground, dan kabel kuning dengan port kuning. Anda bisa menggunakan solder untuk menyambungkannya.

2. Sambungkan Catu daya ke Modul Amplifier dan Pelindung Speaker

Pada modul amplifier terdapat port merah, biru, dan hitam; sambungkan kabel catu daya ke tempatnya masing-masing. Selanjutnya sambungkan kabel merah dan hitam yang lain pada pelindung speaker. Sisanya kabel berupa merah dan hitam sambungkan ke kipas.

3. Sambungkan Pelindung Speaker ke Speaker 12 Inch

Terakhir sambungkan kabel perangkat pelindung speaker ke speaker 12 inch: kabel merah dan hitam untuk speaker kanan; kabel kuning dan hitam lainnya untuk speaker kiri.
Itulah tutorial singkat membuat power amplifier rakitan untuk speaker 12 inch. Sebagai tips, tempatkan heatsink dekat dengan kipas untuk hasil optimal agar udara panas yang ditangkap heatsink bisa dikeluarkan oleh kipas. Terakhir masukkan ke dalam cover agar amplifier terlihat rapi.

Tags: Tutorial, amplifier, rakitan, speaker 12 inch