KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Tips Sukses Usaha Modal Kecil

Tips Sukses Usaha Modal Kecil
Melakukan usaha modal kecil juga tak bisa dilakukan secara main-main, namun perlu direncanakan dengan matang dan dilakukan dengan secara konsisten dan ditekuni dengan penuh keuletan supaya berhasil dan bisa terus berkembang makin besar, berikut ini adalah tips sukses usaha modal kecil.

Perencanaan yang Matang

Bisa dikatakan bahwa perencanaan itu adalah setengah dari kesuksesan. Langkah pertama adalah lakukan survei kecil-kecilan, yakni peluang jenis usaha apa yang cocok di tempat usaha Anda itu, yakni apakah akan berupa usaha kuliner atau toko pakaian atau toko mainan anak, atau usaha laundry atau usaha salon dan lain sebagainya. Contoh jika di sekitar lokasi usaha adalah sekolahan SD misalnya, maka bisa buka usaha kuliner makanan jajanan ringan di sekitarnya, atau usaha minuman, atau bisa juga berjualan mainan. Jika lokasi usaha adalah sekolahan SMA misalnya maka membuka usaha jualan mainan agak kurang tepat jadinya, sedangkan jika mau membuka usaha kuliner maka itu masih relevan, bisa berjualan aneka makanan dan minuman kekinian ala remaja, juga bisa membuka usaha jual pakaian remaja. Sedangkan jika di sekitar lokasi usaha adalah perkantoran, maka bisa buka jualan makanan untuk makan siang yang murah meriah bagi para pekerja kantor sekitar, yang tidak memerlukan modal usaha yang besar dan lain sebagainya.

Mempersiapkan Permodalan Usahanya

Hal penting setelah mengetahui dengan tepat jenis usahanya dan juga lokasi usahanya, kemudian juga pikirkan mengenai permodalan usahanya. Upayakan untuk memperoleh modal usaha semurah mungkin, bahkan gratis jika mungkin. Seperti untuk usaha berjualan makanan dan minuman juga pakaian maka Anda bisa minta produsen si pembuat makanan atau minuman atau pakaian atau barang lainnya seperti mainan misalnya dan lain sebagainya untuk menitipkan barang dagangannya untuk dijualkan, baru setelah barangnya laku terjual akan dibayar harga barang yang laku terjual tersebut, lalu sisanya, barang dagangan yang tidak dijual bisa dikembalikan atau ditukar dengan yang baru atau model atau jenis yang lain, sehingga Anda juga bisa bebas dari risiko barang dagangan yang tidak laku terjual.

Persiapan Bahan, Peralatan dan Skill Penunjangnya

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan bahan dagangan dan juga peralatan serta skill penunjangnya. Yakni untuk usaha kuliner misalnya, minimal harus tahu mengenai jenis dan rasa makanan yang dijualnya, dan daya tahan daluwarsa makanannya, kemudian jika makanan itu dibuat sendiri juga maka harus dikuasai juga resep dan cara masaknya, untuk jasa salon, harus dikuasai skill atau keahlian memotong rambutnya, dan meski sekalipun ha tersebut dipercayakan kepada orang lain sebagai ahlinya, maka pengetahuan mengenai bidang usahanya juga tetap diperlukan, supaya tidak terlalu bergantung pada pihak lain dan untuk menjaga kesinambungan usaha jika sewaktu-waktu ahli yang dipercaya mendapat halangan sehingga tidak dapat masuk kerja atau mengundurkan diri atau berhenti sewaktu-waktu.

Jalankan Usaha dengan Tekun dan Secara Profesional

Jika usaha sudah mulai berjalan, maka jaga keberlangsungannya dengan tekun dan  profesional. Untuk usaha kuliner kunci suksesnya adalah pada menjaga rasa makanannya atau standar kualitas minumannya. Kalau harga barangnya memang naik lebih baik untuk memilih menyesuaikan harga jualnya daripada mengurangi rasa dan kualitasnya, untuk porsinya mungkin masih bisa sedikit dikurangi untuk disesuaikan dengan daya beli pembeli namun usahakan agar tetap selalu menjaga konsistensi rasanya. Begitu juga untuk jenis usaha lainnya, upayakan untuk selalu menjaga konsistensi kualitas standarnya.

Terus Melalukan Inovasi, Kreasi dan Mengembangkan Diri

Jika usaha sudah berjalan lancar maka jangan lupakan juga untuk melakukan inovasi dan kreativitas supaya usaha bisa lebih meningkat dan berkembang.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai tips sukses usaha modal kecil.