KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

6 Tips Mengelola Usaha Kecil Sepanjang Ramadhan

6 Tips Mengelola Usaha Kecil Sepanjang Ramadhan
Persiapan merupakan bagian tips usaha kecil Ramadhan yang harus Anda perhatikan. Bulan suci Ramadhan adalah salah satu momen yang dianggap menguntungkan di dunia usaha. Pasalnya, kebutuhan pasar akan bahan baku makanan, pakaian, hingga layanan jasa meningkat signifikan selama sebulan.

Naiknya keuntungan jelas jadi fokus pegiat usaha kecil untuk menambah modal dan memperkenalkan produk. Namun, Anda juga bakal menghadapi persaingan ketat mengingat banyaknya pengusaha yang ikut berdagang selama Ramadhan. Maka dari itu, siapkan diri Anda dengan enam tips usaha ini!

1. Ubah tampilan website atau media sosial

Apa Anda sudah menggunakan media sosial atau website untuk memasarkan produk? Tampilan yang Anda aplikasikan pada kedua platform tersebut ternyata memberikan pengaruh terhadap keputusan calon konsumen untuk membeli produk atau tidak. Jadi, tak ada salahnya untuk mengubah desain atau feed dengan nuansa Ramadhan lewat gambar maupun promo yang ditawarkan selama Ramadhan untuk memancing atensi konsumen.

2. Fokuskan jenis produk pada kebutuhan keluarga

Ramadhan dan Idulfitri adalah salah dua momen yang dimanfaatkan umat Islam di Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga. Gunakan peluang tersebut sebagai tips usaha kecil Ramadhan dengan mengubah fokus produk ke arah keluarga. Bukan berarti Anda mengabaikan tema atau konsep lain, hanya saja prioritaskan keluarga untuk sebulan ke depan. Bentuknya dapat berupa paket khusus atau potongan harga khusus.

3. Buat konten yang identik dengan Ramadhan

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbanyak di dunia. Fakta ini semestinya harus bisa Anda manfaatkan dalam menjalankan usaha, termasuk saat merancang konten promosi. Selipkan gambar-gambar yang identik dengan Ramadhan seperti masjid, beduk, atau makanan seperti kolek untuk visual. Tambahkan juga kisah-kisah Islami yang inspiratif beserta ayat Alquran dalam penerapan tips usaha kecil Ramadhan.

4. Mendekorasi ulang tempat usaha Anda

Persiapan juga harus Anda lakukan di tempat usaha agar karyawan termotivasi dan semangat selama bekerja di bulan puasa. Caranya, dekorasi ulang tempat usaha untuk menyegarkan suasana. Tambah dengan hiasan-hiasan bernuansa Ramadhan. Bukan hanya karyawan yang semakin betah bekerja, konsumen yang berkunjung ke tempat Anda pun pasti akan merasa disambut dan tertarik mengetahui produk yang Anda pasarkan.

5. Ubah jam masuk dan pulang kerja selama Ramadhan

Mengatur jam masuk maupun jam pulang kerja adalah salah satu tips usaha kecil Ramadhan yang perlu Anda pertimbangkan. Hal tersebut bukan hanya dipengaruhi stamina karyawan, tetapi juga kegiatan sehari-hari yang dilakukan sepanjang Ramadhan. Sejumlah penggiat usaha memundurkan jam masuk dan mempercepat jam pulang kerja. Dengan begitu, karyawan bisa mendapatkan waktu untuk menyiapkan menu berbuka puasa tanpa harus mengurangi performa dalam melayani konsumen.

6. Menjaga kesehatan fisik supaya tetap kuat

Tubuh cepat lelah dan mudah mengantuk adalah sebagian keluhan yang acap kali muncul dari orang-orang yang berpuasa. Namun, jangan jadikan hal-hal tadi sebagai alasan Anda malas bekerja. Justru Anda harus mencari cara untuk menjaga stamina agar kesehatan tak mudah terganggu. Misalnya, pilih makanan yang bisa menahan rasa lapar untuk menu sahur. Atur juga jam istirahat mengingat selama berpuasa Anda harus bangun lebih awal.

Diskusikan persiapan ini bersama karyawan agar usaha tetap berjalan sesuai rencana. Semoga enam tips usaha kecil Ramadhan di atas pun memberikan berkah yang dapat Anda syukuri, ya!