KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Tips Jitu Memulai Usaha Modal Kecil Untung Besar, Ini Kata Pakarnya!

 Tips Jitu Memulai Usaha Modal Kecil Untung Besar, Ini Kata Pakarnya!
Apa yang membuat kita maju mundur saat akan memulai usaha? Masalah klise adalah karena modal yang minim. Padahal, tidak semua usaha memerlukan modal yang besar. Mendirikan usaha modal kecil dengan keuntungan yang besar faktanya tidak sekedar angan-angan saja. Banyak pengusaha yang sukses mengembangkan bisnisnya dengan modal minim, atau nyaris tanpa modal sama sekali. Bagi Anda yang ingin beralih dari pekerjaan formal dan membebaskan diri dengan mengambil jalur wirausaha dengan modal minim, berikut tips jitu memulai usaha modal kecil untuk selangit. 

1. Memilih Bisnis yang Dikuasai

Jika saat ini Anda dihadapkan pada keinginan untuk membuka beberapa bisnis sehingga membuat kebingungan untuk memulai, langkah pertama adalah dengan mempertimbangkan mana dari sekian banyak bisnis tersebut yang Anda kuasai. Anda bisa melihatnya dari passion, atau dari latar belakang pendidikan Anda. Misalnya, Anda gemar mendesain baju, Anda bisa memulai bisnis clothing, atau Anda yang suka dengan dunia komputer, bisa membuka bisnis percetakan, printing, desain grafis, service komputer, dan sebagainya. Ladang bisnis yang dikuasai akan memudahkan Anda untuk terjun langsung ke dalam bisnis tersebut. Tidak perlu waktu untuk mempelajari lebih dalam lagi banyak hal seputar bisnis tersebut. Anda paham betul apa nilai lebih dan nilai kurangnya dari bisnis tersebut, dan pangsa pasarnya. Dalam waktu singkat, bisnis tersebut akan mendulang kesuksesan.

2. Yup, Beritahukan Bisnis Anda ke Teman-Teman Terdekat 

Teman-teman dekat Anda, yang biasa jalan dengan Anda setiap harinya, wajib tau tentang bisnis yang Anda rintis saat ini. Teman-teman Anda membuka kemungkinan akan menjadi pelanggan tetap Anda dan secara tidak langsung akan menjadi marketer sukarela yang akan mempromosikan bisnis Anda. Tidak menutup kemungkinan, dari mereka jaringan bisnis Anda akan semakin luas dan lebih cepat berkembang. Bahkan, mungkin saja mereka akan menjadi mitra bisnis yang menyenangkan. Yup, sambil hang out bareng teman, ceritakan seputar bisnis yang di rintis saat ini agar momen seru-seruan Anda sekaligus menguntungkan bisnis yang Anda rintis. 

3. Hemat Pengeluaran dengan Melakukan Promosi Sendiri

Memulai usaha apalagi dengan modal yang terbatas, akan lebih baik jika Anda melakukan promosi sendiri. Promosi yang melibatkan pihak ketiga seperti konsultan sedikit banyak tentu membutuhkan biaya tambahan dengan hasil yang belum tentu memuaskan. Caranya? belajar memperdalam ilmu komunikasi pemasaran dan mempraktikkanya. Anda bisa membawa kemana tujuan marketing Anda dengan lebih maksimal, dan Anda pun memiliki keahlian tambahan dengan belajar secara otodidak dengan memanfaatkan media yang mampu meningkatkan komunikasi pemasaran Anda. 

4. Membuat Prioritas

Membuka bisnis baru, agar arus pengeluaran tertata dengan baik dan menghasilkan return, maka buatlah prioritas. Ya, Anda bisa membuat prioritas seberapa besar biaya yang digunakan untuk pegangan modal, seberapa dana untuk promosi, dan seberapa besar pemasukan yang di dapat setiap harinya. Jangan sampai melakukan promosi secara berlebihan dengan membuka booth dimana-mana hanya agar produk yang baru saja Anda launching terkenal tetapi tidak seimbang dengan pemasukan yang di dapat. Cobalah untuk membuat prioritas agar putaran kas bisnis Anda berjalan sebagaimana mestinya. 

Memulai bisnis dengan modal kecil bukanlah hal yang mustahil. Ada banyak kisah di balik suksesnya para pebisnis yang memulai usahanya bahkan hanya dengan modal nekat saja. Yuk, praktikkan tips bisnis modal kecil untuk selangit di atas dengan memulai bisnis mulai saat ini juga.

Itulah Tips jitu memulai usaha modal kecil untung besar menurut para pakar.