KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Tidak Sekedar Titip Di Toko, Ini Caranya Agar Usaha Kue Kering Lebaran Anda Sukses

Tidak Sekedar Titip Di Toko, Ini Caranya Agar Usaha Kue Kering Lebaran Anda Sukses
Jika ditanya usaha apa yang menjanjikan untuk dilakukan di musim menjelang lebaran, maka jawabannya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya: bisnis kue kering. Meski klasik tapi nyatanya kue kering masih jadi produk yang permintaannya tinggi maka dari itu peluangnya pun masih terbuka lebar. Jualan kue kering tidak hanya sekedar membuat bertoples-toples kue kemudian menunggu orderan orang atau menitipkannya ke toko. Di jaman yang serba modern saat ini, memasarkan usaha kue kering ke pasar yang lebih luas membutuhkan cara yang lebih inovatif dan sesuai dengan perilaku konsumen jaman sekarang. Ingin menambah pundi-pundi dengan memanfaatkan momen lebaran? Berikut adalah tips usaha kue kering lebaran yang lebih modern.

Tentukan dulu jenis kue kering yang ingin dijual

Tips usaha kue kering lebaran yang pertama adalah menentukan jenis kue kering yang ingin dibuat. Anda mungkin memang bisa membuat berbagai macam jenis kue tapi karena usaha yang dilakukan adalah bisnis rumahan, tenaga kerja yang Anda miliki tentu terbatas. Mencoba untuk membuat berbagai macam jenis kue kering bisa jadi hasilnya justru kurang maksimal dan beresiko membuat Anda jadi stress yang tidak perlu. Jika fokus pada satu atau dua jenis kue kering, Anda bahkan bisa memberikan inovasi yang bisa membuat produk Anda terlihat lebih menarik dan unggul dibandingkan dengan kebanyakan penjual kue.

Tentukan harga

Untuk menentukan harga kue kering per toples atau per kilo yang Anda jual, hitung dulu berapa banyak uang yang Anda gunakan untuk membeli bahan, membeli alat, dan juga biaya kerja. Kemudian tambahkan sedikit untung pada harga produk yang Anda jual. Jangan terpaku dengan harga yang ditetapkan oleh penjual lain, bisa jadi kualitas bahan serta jumlahnya berbeda dengan yang Anda gunakan sehingga harganya pun berbeda. Tidak disarankan untuk membanting harga produk jadi semurah mungkin dengan niat agar lebih banyak yang beli, hal ini hanya akan melukai usaha rumahan Anda.

Adakan sesi foto

Buat beberapa sampel kue kering kemudian pilih hasil yang paling bagus penampilannya. Gunakan berbagai macam properti yang bisa membuat kue kering Anda terlihat lebih menarik dan menggoda calon konsumen untuk membelinya. Ada baiknya untuk menggunakan jasa fotografer profesional atau menggunakan jasa teman yang mengerti mengenai fotografi agar hasil foto produk yang dihasilkan bisa lebih bagus dan cantik. Hasil foto terbaik nantinya bisa Anda cetak menjadi brosur atau dipromosikan melalui media sosial, forum, maupun situs pribadi bagi yang punya blog. Hasil foto yang profesional akan membuat produk terlihat jauh lebih menarik dibandingkan kue yang difoto sekedarnya saja.

Buat kemasan yang informatif

Anda ingin usaha kue kering Anda punya identitas yang berbeda dengan usaha kue kering lainnya, maka dari itu berikanlah nama pada kemasan produk sehingga mereka yang beli punya informasi mengenai pembuat kuenya. Misalnya dengan menempelkan nama usaha plus akun media sosialnya pada tas hantaran pesanan, pada label di kemasan toples, atau diselipkan dalam bentuk kartu pada kemasan kue saat diantarkan ke konsumen, bisa juga dalam bentu segel toples yang custom made. Kemasan yang cantik akan membuat kue jadi terlihat lebih eksklusif, jadi pasar konsumen Anda tidak hanya yang ingin mengonsumsinya sendiri tapi juga bagi yang ingin cari kue untuk hantaran saat silaturahmi. Itulah beberapa tips usaha kue kering lebaran yang lebih jitu masa kini.

Itulah Tips Agar Usaha Kue Kering Lebaran Anda Sukses Tidak Sekedar Titip di Toko