KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Ragu Memulai Bisnis dengan Modal Minim? Berikut Langkah Praktis Memulainya!

Ragu Memulai Bisnis dengan Modal Minim? Berikut Langkah Praktis Memulainya!
Tidak jarang banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk berbisnis lantaran banyaknya rintangan yang dirasa menghalangi, mulai dari tidak yakin atas bisnis yang dijalankan, belum paham target pasarnya, tidak punya nyali bisnis, hingga yang terakhir adalah minimnya modal yang dimiliki. Ya, jika faktor penghambat lain terasa lebih mudah dikendalikan, namun tidak demikian halnya dengan minimnya modal. Sering kali, kita dirundung rasa putus asa saat tidak memiliki modal yang cukup. Faktanya, yang menjadi faktor penentu suksesnya bisnis yang dikelola oleh para pebisnis besar di luaran sana tidak hanya masalah modal, tetapi beberapa poin penting di bawah ini pun sebaiknya Anda pertimbangkan dan praktikkan. Apa saja itu? simak ya!

1. Yakin Dulu

Memulai sesuatu dengan penuh keyakinan tentu saja berbeda hasilnya dengan saat Anda memulai segala sesuatu dengan setengah-setengah. Jalan bisnis yang Anda ambil haruslah Anda yakini terlebih dahulu dengan hati yang mantap. Keyakinan ini nantinya akan membantu Anda untuk menemukan kenyamanan dalam berbisnis dalam kondisi yang bagaimanapun itu. Salah satu cara untuk mendapatkan rasa yakin tersebut adalah dengan memastikan bahwa Anda menguasai bisnis yang sedang Anda kerjakan, dan Anda paham betul bagaimana cara marketingnya, apa kelebihan dan kekurangan dari bisnis tersebut, dan bagaimana respond pasar. Menarik sekali, bukan memulai bisnis dengan hati yang mantap? Yuk, pastikan bisnis apa yang ingin Anda jalankan saat ini juga. 

2. Konsisten dan Sabar

Bisnis apapun yang kita jalankan, entah itu bisnis kecil-kecilan, menengah, maupun bisnis besar, Anda harus menjalankannya dengan konsisten dan sabar. Konsistensi sangat kita perlukan mengingat yang namanya bisnis tentu tidak selamanya mulus. Terkadang rugi, terkadang bermasalah dengan kompetitor, dan tidak jarang mendapatkan keuntungan yang tidak terduga-duga. Apapun itu, konsisten dengan cara tidak mudah mengeluh, tidak mudah putus asa apalagi ingin beralih bisnis, wajib Anda lakukan. Selalu konsisten dan iringi konsistensi itu dengan sabar dan sadar bahwa naik turunnya bisnis tersebut adalah bagian dari sebuah proses bisnis yang Anda rintis saat ini. 

3. Hindari Pinjaman di Bank

Jika dipikirkan, faktanya memang cukup praktis dengan meminjam ke bank. Namun, pernahkah Anda pikirkan efek sampingnya yang berupa bunga bulanan yang harus di cicil setiap bulan per tanggal sekian. Apakah dalam durasi waktu sebulan ke depan bisnis yang Anda kelola mampu mendatangkan profit yang lebih dari bunga bank Anda. Untuk itu, hindari pinjaman di bank, sebisa mungkin maksimalkan modal minim yang Anda miliki. Jika belum memenuhi, cobalah untuk meminjam kerabat dekat terlebih dahulu, untung-untung jika yang bersangkutan bersedia menanamkan modal atau investasi. Dari sini, Anda bisa mengembangkan usaha dengan sistem bagi hasil yang menguntungkan kedua belah pihak. 

4. Perbaiki Networking dan Komunikasi Pemasaran

Ya, sebagus apapun produk atau jasa yang Anda sediakan, akan sangat percuma jika Anda tidak memiliki networking atau jaringan yang bagus. Perbaiki dan up grade selalu pertemanan Anda sambil terus mengasah skill komunikasi pemasaran dengan cara belajar dari sumber yang tersedia. Manfaatkan media sosial untuk marketing yang memuaskan dengan cara yang bijak. Komunikasi marketing adalah skill yang sangat mahal yang jika kita menunjuk pihak ketiga untuk promosi, biaya yang kita keluarkan akan sangat besar. Kuasai keahlian ini dengan mengasah skill komunikasi marketing untuk penjualan yang maksimal.

Mungkin hanya itulah tips Langkah Praktis Memulai Bisnis dengan Modal Minim.