KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Memulai Bisnis Modal Kecil? Tak Perlu Canggung, Begini Caranya agar Cepat Sukses!

Memulai Bisnis Modal Kecil? Tak Perlu Canggung, Begini Caranya agar Cepat Sukses!
Saya pribadi, saat membaca profil pengusaha sukses dengan segenap perjalanan hidup yang ditempuhnya, saya geleng-geleng sendiri. Bagaimana seseorang bisa memiliki keberanian yang begitu besar sehingga memutuskan untuk merintis bisnis yang bahkan mungkin berasal dari nol, dengan modal yang sangat minim. Kemudian, bagaimana dengan modal yang minim itu, atau bahkan tanpa modal sama sekali mereka mampu mengembangkan bisnis bahkan di usia yang sangat muda. Apa rahasianya? Bagaimana mereka bisa berada pada titik itu? Tips berikut membantu Anda yakin mengambil jalur sebagai seorang pebisnis meski hanya dengan modal yang terbatas. Caranya?

1. Tidak Terburu-buru Meminjam ke Bank

Saat ini, banyak pihak yang membuka bisnis dengan meminjam dana di bank. Untung belum tentu, tetapi setiap bulannya harus membayar bunga bank. Nah, apakah tidak semakin mencekik?. Caranya, Anda bisa menawari keluarga atau kerabat dekat untuk investasi di bisnis Anda. Jika nantinya bisnis yang Anda kelola untung, Anda bisa berbagi keuntungan tersebut dengan mereka. Tidak menutup kemungkinan ini akan memberikan kesempatan bagi kerabat untuk berinvestasi lebih banyak lagi saat bisnis Anda berkembang lebih besar sesuai harapan. 

2. Manfaatkan Media Sosial dan Gunakan dengan Bijak

Media sosial memiliki manfaat yang luar biasa dalam dunia marketing. Jangkauannya luas, ekonomis, fitur interaksi dengan klien yang mudah, dan sebagainya. Pastinya, banyak keuntungan yang di dapat dengan media sosial untuk sarana mengembangkan bisnis Anda. Ya, media sosial baik itu twitter, facebook, instagram adalah sarana marketing yang ampuh dengan. Walau demikian, bijak dalam menggunakan media sosial sangat penting yaitu tidak dengan asal tag, asal invite, asal nyepam di akun siapa saja yang tidak di kenal. Alih-alih membeli, bukan tidak mungkin akun Anda akan di blokir. 

3. Modal dan Kerja Keras

Modal yang pas-pasan berarti Anda wajib mengimbanginya dengan kerja keras setiap detiknya jika ingin puas dengan hasilnya. Faktanya, memang mudah mengatakannya, namun ini adalah bagian terberat dalam memulai sebuah bisnis. Jika Anda belum yakin mampu melakukannya dan masih maju mundur untuk membuka bisnis tersebut, lebih baik cari waktu yang tepat, sambil tetap melanjutkan pekerjaan sebelumnya. Jika sudah benar-benar siap terjun, Anda bisa memulai bisnis tersebut dengan kerja keras dan modal yang minim. 

4. Jangan Mudah Bosan

Perlu disadari bahwa tidak selamanya bisnis yang Anda jalankan akan ramai. Terkadang untung dan terkadang pula merugi. Jangan mudah menyerah. Apa dan bagaimanapun bisnis Anda saat ini usahakan untuk menjalankannya dengan konsisten. Jangan mudah beralih ke  bisnis yang lain kecuali jika bisnis yang Anda tekuni saat ini memang sudah sama sekali tidak relevan. 

5. Sabar

Sabar dan kerja keras akan membawa Anda kepada kesuksesan yang luar biasa. Sabar dalam menghadapi masalah yang menimpa saat menjalani bisnis tersebut, dan sabar saat proses perintisan adalah hal penting yang harus diperhatikan dan dipertahankan.  Merintis bisnis bukanlah hal yang mudah. Perkuat fondasinya agar bisnis Anda nantinya berkembang dengan baik sesuai harapan. Sabar atas segala yang terjadi pada bisnis Anda. Tidak perlu lantas putus asa berlebihan saat merugi, dan tidak perlu gampang puas dengan pencapaian yang diperoleh. Dengan tips memulai bisnis modal kecil diatas, Anda akan memperoleh kepuasan dalam berbisnis karena setiap usaha akan membuahkan hasil. Semakin maksimal usahanya, semakin bagus hasil yang diperoleh.