KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Kembangkan Usaha Kecil Anda dengan Kumpulan Strategi Ini!

Kembangkan Usaha Kecil Anda dengan Kumpulan Strategi Ini!
Strategi pengembangan usaha kecil sangat diperlukan agar Anda mampu bersaing sehat dan mampu mempromosikan produk sesuai target pasar. Pemerintah dalam hal ini memberikan dukungan kuat kepada para pegiat usaha, tetapi bergantung pada satu pihak saja tak akan membantu.

Oleh karena itu, Anda harus berkontribusi. Bagaimanapun, Anda adalah pihak yang paling menentukan keberhasilan usaha yang sudah dirintis. Apalagi peluang pasar untuk usaha kecil belum semenjanjikan jenis usaha yang lebih besar yang membuat para pelaku cemas menghadapi kerugian.

Anda tidak mau mengalami kemungkinan buruk tersebut, bukan? Beberapa strategi di bawah ini dapat membantu Anda memperbesar peluang pasar untuk usaha kecil!

Ajukan permohonan bantuan prasarana

Tingginya produktivitas ternyata tak selalu menjamin keberhasilan usaha, terutama kalau tak Anda imbangi dengan penjualan yang sama besar. Salah satu faktor yang memicunya adalah kurangnya prasarana yang dapat menunjang distribusi dalam usaha.

Dalam kasus ini, strategi pengembangan usaha kecil yang dapat Anda ambil adalah mengajukan permohonan untuk pembangunan bantuan prasarana. Permohonan tersebut dapat Anda kirimkan ke pegadaian atau institusi lain yang mampu memberikan pinjaman.

Bentuk kelompok usaha di satu lingkungan

Menjalankan usaha kecil sendiri-sendiri ternyata malah memperlambat akumulasi modal. Pengontrolan distribusi pada hasil produksi maupun bahan mentah pun tak berjalan lancar. Mau tak mau, Anda pun menggantungkan diri pada pemasok terkait bahan baku.

Untuk mengatasinya, buatlah kelompok usaha di satu lingkungan. Wadah tersebut bukan hanya memberikan akses modal yang mudah ke lembaga keuangan, melainkan juga dapat memberdayakan masyarakat sesuai tujuan bersama.

Bangun jaringan usaha, kemitraan dan pemasaran

Strategi pengembangan usaha kecil selanjutnya yang dapat meningkatkan peluang pasar adalah membangun jaringan usaha. Contohnya bisa dengan membentuk pola sub-kontrak klaste maupun kemitraan. Sayangnya, jenis pola jaringan ini belum berjalan lancar karena beberapa alasan.

Misalnya, pengusaha kecil yang belum bersedia atau segan bermitra dengan perusahaan besar. Padahal, bekerjasama dengan pebisnis besar akan menyelamatkan eksistensi usaha kecil yang masih terbilang rentan tanpa harus mengancam reputasi perusahaan.

Tingkatkan mutu sumber daya manusia (SDM)

Anda pasti sudah sering mendengar bila sumber daya manusia merupakan aset penting dalam sebuah usaha, baik yang berskala kecil maupun besar. Kualitas karyawan yang nantinya Anda pekerjakan bakal memberikan dampak terhadap produk maupun layanan yang diberikan kepada konsumen.

Jadi, selain meningkatkan kualitas barang atau jasa, Anda perlu memantau perilaku karyawan saat mereka bekerja. Libatkan mereka dalam pelatihan bila Anda sudah punya modal lebih agar keterampilan mereka semakin terasah sebagai strategi pengembangan usaha kecil.

Promosi untuk memperkenalkan produk 

Tanpa promosi, sebagus apa pun produk yang Anda buat, tak akan sampai ke target pasar yang membutuhkan. Anda tidak perlu mencemaskan bujet yang diperlukan untuk promosi, sebab sekarang promosi dapat dilakukan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Bagaimana caranya? Manfaatkan media sosial dan newsletter. Buat konten promosi semenarik mungkin untuk mengundang perhatian calon konsumen. Jangan lupakan cara tradisional seperti promosi mouth to mouth yang sampai sekarang masih dinilai ampuh untuk memperkenalkan produk dari usaha kecil.

Jika dilihat dari daftar strategi di atas, pengusaha kecil memang harus aktif bersosialisasi dengan sesama pegiat usaha maupun masyarakat sekitar. Dengan demikian aplikasi strategi pengembangan usaha kecil bakal memberikan hasil yang diinginkan dan menyasar pasar yang Anda tentukan.

Itulah sedikit pembahasan tentang kumpulan strategi dalam mengembangkan usaha kecil.