KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Ide Usaha Kecil Untuk Mahasiswa Yang Ingin Pulang Kampung Lebaran Ini

Ide Usaha Kecil Untuk Mahasiswa Yang Ingin Pulang Kampung Lebaran Ini
Momen lebaran di Indonesia tidak hanya memiliki arti dalam konteks keagamaan, melainkan momen lebaran juga dijadikan sebagai saat di mana mereka yang berkelana jauh dari rumah kembali ke rumah untuk bertemu dengan keluarga dan saudara yang sudah lama tidak bertemu. Sayangnya tidak semua perantauan diberkahi dengan kondisi finansial yang memungkinkan untuk beli tiket perjalanan pulang yang makin jauh jaraknya makin mahal harganya, apalagi mahasiswa.

Adalah hal yang umum bagi para pelajar di Indonesia untuk mencari pendidikan di kota yang letaknya jauh dari tempat asalnya. Ingin pulang ke rumah bukan berarti harus bergantung dengan “beasiswa” dari orang tua, Anda yang saat ini berstatus mahasiswa pun bisa cari penghasilan sampingan untuk beli tiket pulang. Ini dia beberapa pekerjaan sementara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengumpulkan uang demi bisa lebaran di rumah.

Jualan takjil

Selama bulan puasa salah satu bisnis yang paling banyak dijalankan di kalangan mahasiswa adalah berjualan takjil atau makanan/minuman untuk berbuka puasa. Selama bulan puasa tentu aktivitas orang akan tetap berjalan sehingga seringkali tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan berbuka puasa sendiri di rumah. Tidak heran jika menjelang waktu berbuka puasa banyak orang tumpah ke jalan untuk cari bahan minuman dan makanan untuk buka puasa. Hal ini bisa dimanfaatkan bagi Anda sendiri maupun bersama teman membuat aneka macam makanan dan minuman untuk dijual di tempat yang banyak dilewati orang.

Katering makanan sahur

Bagi yang jago masak, bisnis katering sahur bisa jadi sarana untuk mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan momen bulan puasa. Anda bisa minta ijin pengelola kos untuk menggunakan dapur untuk membuat makanan sahur. Sebelumnya Anda bisa mempromosikan usaha ke teman-teman kos dan teman kuliah dan menerima pesanan makanan sahur sesuai dengan menu yang Anda tentukan. Kemudian menjelang sahur nanti makanan diantarkan ke konsumen yang sudah pesan sebelumnya. Usaha kecil ini memanfaatkan peluang mahasiswa yang biasanya malas untuk sahur dan harus cari makan di luar. Anda bisa mengganti-ganti menu sahur sesuai dengan kisaran harga tertentu agar konsumen tidak bosan.

Jasa bersih-bersih rumah/kontrakan

Tidak harus memiliki produk untuk dijual, jika Anda tidak memiliki keterampilan atau keahlian khusus, menawarkan jasa kerja fisik bisa jadi cara untuk mendapatkan penghasilan demi beli tiket pulang. Tawarkan jasa bersih-bersih rumah di media sosial dengan tarif yang tidak terlalu mahal tapi sepadan dengan hasil kerjanya. Pastikan Anda menjaga kepercayaan dari klien dengan memberikan hasil kerja yang bagus, rapi, dan tidak menimbulkan masalah bagi klien. Tapi tetap hati-hati dalam menerima klien, jika klien ternyata tinggal sendirian Anda bisa mengajak teman untuk menemani atau membantu Anda agar tidak ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Kerja lepas waktu (freelance)

Usaha kecil lainnya yang bisa dilakukan mahasiswa tanpa harus mengeluarkan modal yang besar adalah dengan menjadi pekerja lepas waktu agar waktu kerjanya fleksibel dan Anda masih bisa tetap berkegiatan studi seperti biasa. Misalnya menjadi fotografer untuk sesi pemotretan pra-nikah atau saat ada acara lain, menjadi penulis konten atau penerjemah dokumen asing, bagi yang jadi desain atau menggambar bisa membuka komisi atau menjual berbagai macam merchandise, dan sebagainya. Kuncinya adalah mencari peluang dari lingkungan yang ada di sekitar Anda kemudian menjadikannya ladang untuk dikomersialkan.

Itulah beberapa Ide Usaha Kecil Untuk Mahasiswa Yang Ingin Pulang Kampung Lebaran Ini.