KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

Cara Sederhana Memulai Bisnis dengan Modal yang Minim

Cara Sederhana Memulai Bisnis dengan Modal yang Minim
Berkesempatan menjadi pebisnis sukses, siapa sih yang tidak ingin? Betul tidak? Sayangnya, memulai bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Masalah yang paling utama dan menjadi ketakutan dalam memulai bisnis adalah tidak adanya modal. Padahal, tidak semua bisnis membutuhkan modal besar. Dengan modal terbatas pun bisnis yang Anda impikan akan terwujud. Bingung bagaimana mewujudkannya? Beberapa tips praktis berikut akan membantu Anda menggapai kesuksesan dalam berbisnis. Apa saja? simak ya!

1. Tawarkan sistem bagi hasil

Ya, langkah pertama adalah dengan menawarkan sistem bagi hasil. Saat Anda membuka usaha offline yang notabene harga sewa lokasi, stok produk, dan hire staf tidaklah sedikit, langkah praktis yang bisa Anda lakukan adalah dengan menawarkan bagi hasil. Mungkin, ada kerabat, saudara, tetangga atau investor yang ingin menanamkan modal usahanya. Dengan demikian, modal usaha yang Anda keluarkan akan lebih sedikit. Untuk mendapatkan keyakinan dari pihak investor, Anda bisa informasikan bagaimanakah peluang bisnis tersebut, dan bagaimana minat pasar pada produk atau jasa yang Anda sediakan. Di awal, mungkin saja Anda akan menemui sedikit kesulitan untuk meyakinkan pihak investor karena mereka belum melihat hasil realnya. 

2. Berbagi Tempat Usaha

Berbagi tempat usaha akan sangat membantu dalam menekan biaya yang Anda keluarkan setiap bulannya, seperti biaya listrik dan air. Terlebih dahulu, carilah teman atau kerabat yang siap di ajak bekerjasama untuk berbagi tempat usaha dan kebetulan memang membutuhkan tempat usaha untuk menjalankan dagangannya. Selain keuntungan secara material, manfaat lain yang di dapat dari  sharing ini adalah Anda memiliki teman untuk berbagi pikiran. Dengan catatan, cobalah untuk sharing tempat usaha dengan pebisnis lain yang tidak menyediakan produk atau jasa yang sama. 

3. Membuka Bisnis di Pasar Modern

Memang sih, dengan dana yang cukup, kita ingin sekali membuka toko di dalam mall yang ramai pengunjung. Sayangnya, dengan dana yang terbatas, niat ini sebaiknya kita urungkan agar tidak menyebabkan kesulitan finansial di masa mendatang. Lantas, apa solusinya? Salah satunya adalah dengan membuka toko offline di pasar modern terdekat. Ada banyak keunggulan saat Anda membuka bisnis di pasar modern ini, diantaranya adalah harga sewa masih cukup terjangkau sehingga berdampak pada harga barang yang Anda jual. Klien yang datang pun beragam, tidak hanya dari kelas menengah ke atas, tetapi juga dari kelas menengah ke bawah. Sehingga, kemungkinan besar produk atau jasa Anda laris manis akan lebih besar lagi. 

4. Membuka Toko di Mall yang Sepi

Terkadang, klien merasa lebih yakin saat kita tidak hanya berjualan secara online, tetapi juga bisa mengeceknya secara langsung di toko offline yang beralamat di alamat tertentu. Untuk alasan tersebut, Anda yang sudah memiliki pelanggan tetap dari media online, bisa nih membuka toko offline di mall yang tidak terlalu ramai pengunjung. Kriteria mall yang demikian tentunya dari segi harga sewa lebih murah. Meski secara penjualan tidak begitu menjanjikan, namun pelanggan setia Anda dari bisnis clothing online Anda, tidak segan untuk mengunjungi stand offline Anda yang tidak menutup kemungkinan akan menarik minat pengunjung yang lain. 

Membuka bisnis modal kecil bukanlah sesuatu yang mustahil. Anda bisa memulainya dengan menerapkan tips bagaimana caranya membuka usaha dengan modal yang terbatas agar sukses bisnis dalam waktu singkat.