KbYwILCFrc97EP9IoopwFOpyfGaCO45VfMiSZcKq
Bookmark

5 Inspirasi Usaha Kecil Menjanjikan dari Berbagai Bidang

5 Inspirasi Usaha Kecil Menjanjikan dari Berbagai Bidang
Sedang mencari inspirasi usaha kecil? Ya, membangun usaha dengan modal terbatas kini bukan hal mustahil. Sudah ada banyak bukti nyata yang memperlihatkan kesuksesan usaha kecil yang mampu memberikan keuntungan besar, bahkan menyaingi pegiat bisnis besar dan korporasi.

Akan tetapi, Anda harus cermat saat berburu inspirasi usaha yang nantinya bakal dikembangkan. Selain kendala bujet, tingginya peminat di bidang ini kian memperketat persaingan. Salah memilih malah akan mengantarkan Anda kepada kebangkrutan.

Apabila Anda membutuhkan ide yang tak terlalu umum, berikut lima jenis usaha modal kecil yang dapat dijalankan.

1. Rekayasa perangkat lunak

Jika Anda beranggapan merancang software atau perangkat lunak membutuhkan biaya besar, berarti Anda belum mencari tahu perkembangan teknologi. Faktanya, rekayasa perangkat lunak memerlukan modal yang terjangkau dengan catatan Anda menguasai ilmu dasar di bidang software engineering.

Inspirasi usaha kecil ini dianggap menjanjikan karena meningkatnya jumlah pekerja lepas (freelancer) dari lulusan Teknik Informatika. Berdasarkan Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat saja, jumlah penghasilan yang diterima perekayasa software bisa mencapai rata-rata USD100.000 per tahun (2014).

2. Jasa layanan konsultasi

Konsultan menjadi salah satu profesi yang dicari, terutama bagi orang-orang yang ingin memulai sesuatu atau sedang mencari jalan keluar. Sayangnya, sebagian besar orang masih mengira profesi ini harus melulu dijalankan di perkantoran dengan penghasilan yang kurang menggiurkan.

Kenyataannya, jasa layanan konsultasi bisa Anda buka sendiri dengan modal usaha relatif terjangkau. Anda bisa mempromosikan jasa tersebut melalui media sosial atau aplikasi chatting. Jangan lupa juga untuk menyertakan nomor telepon, alamat surel, dan kontak lain yang dapat dihubungi.

3. Kolam pemancingan ikan

Satu lagi inspirasi usaha kecil yang masih dianggap perlu modal awal besar: kolam pemancingan ikan. Sebenarnya jenis usaha ini pernah mencecap masa kejayaan di era 90-an sebelum meredup. Padahal, keuntungan yang dihasilkan cukup menjanjikan.

Bujet yang disiapkan umumnya dialokasikan untuk membuat kolam, membeli bibit ikan dan alat-alat penunjang, serta karyawan bila dibutuhkan. Jika usaha pemancingan ikan Anda berkembang, tambah layanan lain seperti menyediakan camilan, minuman, hingga menyelenggarakan kompetisi.

4. Penyewaan perangkat elektronik

Tak dapat dipungkiri bila perangkat elektronik seperti televisi, komputer pribadi (PC) hingga laptop telah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Namun, tidak semua orang mampu membelinya disebabkan harga yang terlampau mahal atau ketersediaan barang yang terbatas.

Kesempatan ini sebenarnya bisa Anda manfaatkan sebagai inspirasi usaha kecil. Target pasar yang biasanya mencari penyewaan perangkat elektronik datang dari perusahaan yang membutuhkan laptop untuk pelatihan hingga individual yang harus menyelesaikan proyek dalam jangka waktu tertentu.

5. Pedagang kaki lima (PKL)

Jangan anggap remeh orang-orang yang memilih jadi pedagang kaki lima! Mereka mungkin menjual penganan atau gorengan murah, tetapi omzet yang didapatkan bisa mencapai jutaan rupiah. Hebatnya lagi, modal yang dikeluarkan untuk jenis usaha ini tidak terlalu besar.

Dalam hal ini Anda perlu melakukan observasi terlebih dahulu. Carilah lokasi ramai seperti sekolah atau perkantoran yang dilewati banyak orang, lantas pilih jenis gorengan atau camilan yang ingin disajikan. Kemudian, buatlah perencanaan dana yang akan Anda alokasikan untuk mengembangkan usaha PKL.

Itulah lima inspirasi usaha kecil yang bisa Anda pertimbangkan. Dampingi pula dengan pemasaran yang sesuai dan evaluasi berkala agar usaha Anda bisa tumbuh dan menghasilkan laba besar.